Cara Membuat Cilok Lezat Khas Jawa Barat

Cara Membuat Cilok - Jajanan Cilok merupakan jajanan Khas dari Jawa Barat. Cilok singkatan dari Aci Dicolok yang artinya Aci ditusuk-tusuk. Dari namanya sudah dapat dibayangkan kalau Cilok itu terbuat dari bahan dasar Aci, namun pada dasarnya tidak hanya bahan Aci saja yang diperlukan namun dilengkapi dengan bahan-bahan lainnya.

Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti Sambal kacang, saus, dan kecap. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso namun berbeda bahan dasarnya.Bahan bakunya antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.

Cilok biasanya ada yang tidak memiliki isi cirinya ukurannya kecil seperti kelereng sedangkan cilok yang memiliki isi biasanya dengan ukuran bulat yang lebih besar dari kelereng. Isi cilok biasanya telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka Cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Cilok tidak hanya sebuah makanan atau cemilan ringan yang enak saja, namun Cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang Cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah menggunakan gerobak keliling, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus dan pabrik.

Jajanan Cilok tidak hanya digemari anak-anak saja, namun orang dewasa juga banyak yang suka. Meskipun Cilok enak dan murah, namun sebagai pecinta jajanan yang satu ini sebaiknya anda jeli dalam membeli makanan, karena tak jarang pedagang yang curang menggunakan bahan-bahan yang tidak seharusnya digunakan untuk makanan, seperti misalnya borak dan formalin yang dapat membuat makanan terasa kenyal dan awet tidak mudah basi, namun sangat berbahaya untuk organ tubuh.

Khawatir dengan kualitas makanan Cilok, lebih baik membuatnya sendiri sehingga kita dapat menjamin kualitas bahan dan rasanya. Selain itu kita juga dapat menambahkan isi Cilok sesuai selera kita. Bagi para bunda dan wanita yang sangat sayang diri sendiri dan orang-orang disekitarnya, tentu lebih pilih menyajikan makanan dan jajanan sendiri dari pada membelinya. 

Kali ini kami akan berbagi tips dan resep Cara Membuat Cilok yang lezat khas Jawa Barat dengan bahan yang berkualitas dan rasa yang enak. Tetap stay di zonamakan.blogspot.com karena berikut ini adalah resep lengkap Cara Membuat Cilok.

Cara Membuat Cilok
Cara Membuat Cilok

Bahan Membuat Cilok :

  1. 300 gram tepung kanji
  2. 100 gram tepung terigu
  3. 2 siung bawang putih yang dihaluskan
  4. 1 sendok teh penyedap rasa
  5. 1/4 sendok teh merica bubuk
  6. 2 batang daun bawang yang diiris halus
  7. 400 ml air,  bisa lebih karena untuk membuat adonan yang pas
  8. garam secukupnya
  9. air untuk merebus

Bahan Saus Kacang Cilok :

  1. 150 gram kacang tanah digoreng lalu dihaluskan
  2. 1 sendok teh gula pasir
  3. 1 sendok teh cuka
  4. garam secukupnya
  5. air secukupnya

Cara Membuat Saus Kacang Cilok :

  1. Campur kacang tanah (yang sudah dihaluskan) dengan  cuka, gula pasir, air dan garam lalu panaskan sebentar hingga mendidih dan mengental. selesai saus kacang selesai dibuat
  2. Jika ingin pedas, campurkan sedikit cabai yang sudah dihaluskan

Cara Membuat Cilok :

  1. Pertama ayak dan campur tepung kanji dengan tepung terigu bersama dengan daun bawang dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga rata kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu panaskan air (400ml), tambahkan garam, merica bubuk dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih.
  3. Selanjutnya masukkan air yang masih panas tersebut kedalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan mudah dibentuk.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat sedikit sedikit dan usahakan ukurannya sama hingga adonan habis tak tersisa.
  5. Rebus cilok yang masih mentah kedalam air mendidih hingga cilok mengambang yang menandakan bahwa cilok sudah matang, angkat dan tiriskan.

Cara Menyajikan Cilok :

  1. Sajikan cilok selagi hangat dengan saus kacang atau dapat juga ditambahkan dengan saus sambal, atau salah satunya saja sesuai selera.
  2. Ambil cilok dengan tusuk gigi yang panjang dan bersih atau tusuk sate yang bersih juga.
Anda yang tidak suka pedas, dapat juga mencolek Cilok dengan kecap atau mayones. Demikian Resep dan Cara Membuat Cilok yang lezat Asli Jawa Barat. Silahkan intip dan coba juga resep kami sebelumnya, yang sangat cocok untuk bekal sikecil anda di sekolah yaitu Cara Membuat Bakpao Isi Daging Ayam yang empuk dan enak serta mudah membuatnya. Terima kasih telah setia dengan resep yang kami sajikan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat
Cara Membuat Cilok Lezat Khas Jawa Barat | Unknown | 4.5