Resep Sayur Asem Pedas Manis

Resep Sayur Asem - Resep sayur asem yang segar dan nikmat ini adalah resep masakan yang sudah ada sejak dulu. Resep warisan nusantara yang sampai saat ini tetap menjadi menu andalan orang Indonesia. Santapan lezat yang nikmat dan menyegarkan tentunya.

Sayur Asem sangat cocok dijadikan menu makan siang kita, dicuaca yang panas atau dingin maksakan ini tetap istimewa untuk dihidangkan. Sajian sayur asem yang nikmat tentu tak banyak yang dapat menolak makanan ini.

Isi sayurannya yang komplit sangat menyehatkan dan kaya akan serat serta zat besi untuk tubuh kita. Aroma masakan ini juga sangat menggoda. Tentunya para pecinta masakan  nusantara sudah tak asing lagi dengan menu masakan ini. 

Bagi para penikmat sayur asem yang mungkin belum pernah mencoba memasaknya sendiri di rumah, kali ini kami akan membagikan resep bagaimana cara  membuat sayur asem. Berikut Resep Sayur Asem yang segar dan nikmat dari kami.

Resep Sayur Asem
Resep Sayur Asem

Bahan Sayur Asem :

  1. 100 gram pepaya muda, potong-potong
  2. 50 gram melinjo
  3. 50 gram daun melinjo
  4. 5 batang kacang panjang, potong-potong
  5. 4 lembar kol, buang bagian kerasnya, potong-potong
  6. 2 sendok makan kacang tanah
  7. 2 liter air
  8. 1 buah jagung manis, potong jadi 3 bagian
  9. ½ buah labu siam, potong bentuk dadu
  10. ½ batang terong, potong-potong

Bumbu Halus Sayur Asem :

  1. 6 butir kemiri
  2. 5 butir bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 2 buah cabe merah
  5. 2 sendok teh asam jawa
  6. 1 sendok makan gula merah
  7. ½ sendok teh terasi
  8. Garam secukupnya

Bumbu Pelengkap Sayur Asam :

  1. 2 lembar daun salam
  2. 2 sendok gula merah
  3. 1 ruas jari lengkuas, memarkan

Cara Membuat Sayur Asem :

  1. Masak air hingga mendidih, masukkan dahulu bahan atau sayuran yang keras seperti jagung, melinjo dan kacang tanah, direbus hingga lunak
  2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, daun salam dan lengkuas, tunggu sampai mendidih
  3. Masukkan sisa sayuran yang belum dimasukkan. Cicipi
  4. Tambahkan bila rasanya ada yang kurang garam atau asam jawa agar lebih segar 
  5. Angkat dan sajikan
Sebagai tambahan atau pelengkap nikmatnya sayur sejuta umat ini bisa digandengkan dengan sambal terasi dan ikan teri yang digoreng kering atau teme goreng. Sebagai tambahan untuk bumbu sayur asem, asam jawa juga bisa diganti dengan tomat yang masih hijau, rasanya asamnya tetap ada tapi tetap beda bila menggunakan asam jawa. Gula merah bisa juga diganti dengan gula pasir, namun hasilnya kan jadi lebih bening, untuk rasa pedas bisa ditambah ataupun dikurangi dengan cara membuang biji cabe merahnya.

Ada banyak ragam dari Cara Membuat dan Resep Sayur Asem yang ada di Indonesia, mungkin lain waktu bisa kami tampilkan di blog ini. Bagi anda yang ingin mencoba resep kuah yang yainnya, kunjungi resep kami sebelumnya, berikut Resep Sup Macaroni Asam Nanas yang tak kalah menyegarkan dan menyehatkan
Resep Sayur Asem Pedas Manis | Unknown | 4.5