Resep Soto Sokaraja Asli Banyumas

Resep Soto Sokaraja - Resep masakan nusantara dari wilayah kabupaten banyumas kecamatan sokaraja memiliki menu makanan yang sangat terkenal diseluruh nusantara yaitu Soto Sokaraja. Orang banyumas biasanya menyebutnya Sroto Sokaraja. 

Soto Sokaraja berbahan dasar daging ayam meskipun sekarang juga ada yang mengvariasikannya dengan daging sapi. Soto sokaraja memiliki kekhasan  yang lain dibanding soto lainnya. Kekhasan dari soto sokaraja adalah  penggunaan sambal kacang dan ketupat saat penyajian.

Rasa soto sokaraja manis, gurih, pedas dan segar. Bagi para wisatawan yang datang ke Banyumas tentu tidak akan pernah melewatkan menu makanan ini. Karena soto sokaraja tidak bisa dibungkus sebagai oleh-oleh ke luar kota yang jauh dari Banyumas, anda tak perlu khawatir karena anda dapat membuatnya sendiri di rumah. 

Pembuatan soto sokaraja tidak terlalu sulit dan bahan bakunya pun mudah di dapat. Sebagai pelengkap soto sokaraja biasanya menggunakan krupuk yang warna warni.Rasa soto sokaraja dijamin enak dan membuat anda ketagihan.

Bagi anda yang sudah pernah menikmatinya dan ingin mencobanya kembali atau bagi anda yang belum pernah merasakannya dan penasaran bagaimana kelezatan soto sokaraja, yuk kita bikin sendiri dirumah. Kali ini kami akan berbagi Resep Soto Sokaraja atau sroto sokaraja asli dari tempat tinggal kami Banyumas. 

Resep Soto Sokaraja
Resep Soto Sokaraja

Bahan Soto Sokaraja :

  1. 1 kg Daging Ayam
  2. 150 gr Tauge
  3. 150 gr Soun
  4. 150 gr Kedelai
  5. 2 cm Jahe
  6. 3 lembar daun salam (merebus ayam)
  7. 2.500 ml air (rebus ayam dan kaldu ayam)
  8. 4 cm lengkuas, dimemarkan (merebus ayam)
  9. Minyak goreng secukupnya, untuk menumis dan menggoreng ayam

Bumbu Halus Soto Sokaraja :

  1. 8 Bawang merah
  2. 4 Bawang Putih
  3. 2 btg Serai
  4. 2 btg Seledri
  5. 2 cm Kunyit
  6. 6 buah Kemiri

Pelengkap Soto Sokaraja :

  1. 3 sdm Bawang Goreng
  2. 3 sdm irisan Daun Bawang
  3. 2 sdm irisan Seledri
  4. Kerupuk warna-warni

Sambal Soto Sokaraja :

  1. 200 gr Kacang Tanah, haluskan
  2. 3 sdm Bawang Goreng
  3. 6 cabai Rawit
  4. 2 Bawang Putih
  5. 1 sdm Garam
  6. 2 sdt Gula Merah
  7. 1 sdm Air Asam
  8. Haluskan semua bahan menggunakan blender

Cara Membuat Soto Sokaraja :

  1. Rebus ayam, air, daun salam, lengkuas, dan garam sampai matang. Angkat, goreng ayam hingga kuning kecokelatan. Tiriskan. Suwir-suwir.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam kaldu ayam bekas rebusan ayam. Masak di atas api kecil sampai mendidih.
  3. Sambal, haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, cabai merah, dan garam. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan gula merah, air asam, dan kacang tanah giling. Aduk rata. Angkat. Tuang air. Aduk rata.
  4. Tata soun, taoge, ayam suwir, telur, daun bawang, seledri, dan kacang kedelai. Tuang kuah soto. Sajikan bersama kerupuk kanji atau warna-warni yang di remas-remas hingga remuk, taburan bawang putih goreng, dan sambal.
Sajikan soto sokaraja disaat masih panas. Demikian Cara Membuat dan Resep Soto Sokaraja asli dari Banyumas. Bagi anda yang menyukai minuman yang sehat dan menyegarkan serta nikmat, kami memiliki resep istimewa untuk anda, silahkan anda praktekkan sendiri di dapur kesayangan anda, berikut Resep Yogurt Vanilla Smoothies. Selamat mencoba, semoga bermanfaat
Resep Soto Sokaraja Asli Banyumas | Unknown | 4.5