Resep Opor Ayam Pilihan Sederhana

Resep Opor Ayam - Opor Ayam merupakan makanan asli nusantara dengan berbahan dasar Ayam dan lontong atau ketupat yang disiram kuah santan. Rasa Opor Ayam sangat enak. Opor Ayam termasuk jenis makanan hasil warisan kuliner dari jaman tempo doeloe.

Warisan kuliner nusantara memang banyak dan beragam, tinggal selera kita yang mana itu pilihan. Biasanya kuah Opor Ayam juga dijadikan sebagai kuah untuk bubur ayam, hal itu dapat anda jumpai di daerah tertentu seperti jogja dan jawa tengah yang sering membuat Bubur Ayam dengan kuah sama seperti kuah Opor Ayam.

Resep Opor Ayam lumayan mudah, bahannya pun mudah di dapat di warung ataupun pasar. Cara penyajian Opor Ayam cukup praktis tidak seribet soto ataupun bakso. Selain itu Opor Ayam rasanya juga enak gurih dan pedas dapat disesuaikan dengan selera kita masing-masing. 

Lontong Opor merupakan makanan nusantara yang menyehatkan untuk semua usia, tentunya kecuali batita. Apabila tubuh sedang sakit paling enak makannya yang berkuah ddan gurih, Lontong Opor dapat dijadikan referensi selain bubur ayam. 

Lontong Opor juga cocok untuk dijadikan makanan istimewa yang lezat di berbagai acara seperti lebaran idul fitri, menu berbuka puasa, acara arisan, hajatan, selamatan, dll. Semua moment sangat cocok menyantap menu Opor Ayam bersama keluarga dan rekan tercinta. 

Di bawah ini kami akan berbagi Cara Membuat dan Resep Opor Ayam yang sederhana namun tetap lezat. Siapkan bahan-bahan dan alat memasak yang diperlukan untuk Membuat Opor Ayam. Berikut adalah Resep Opor Ayam speial dari kami.

Resep Opor Ayam
Resep Opor Ayam

Bahan Opor Ayam :

  1. 1/2 kg ayam segar
  2. 1 butir kelapa tua betul
  3. 10 buah bawang merah segar(tidak basah)
  4. 3 siung bawang putih
  5. 5 butir kemiri (utuh)
  6. 1/2 sendok makan ketumbar
  7. 1/4 sendok makan jintan / jinten
  8. 1/4 sendok makan merica bubuk
  9. 1 cm laos segar
  10. 2 lembar daun salam (kering)
  11. 1 batang sereh
  12. 1/2 sendok makan gula merah
  13. secukupnya garam
  14. secukupnya ketupat

Cara Membuat Opor Ayam :

  1. Pertama-tama bersihkan daging ayam lalu potong-potong beberapa bagian, silahkan sisihkan
  2. Selanjutnya parut kelapa tadi, lalu peras hingga menghasilkan santan kental dan juga santan cair.
  3. Kemudian haluskan semua bumbu-bumbu diatas tadi kecuali sereh,daun salam dan laos.
  4. Sekarang beri santan cair dalam panci besar, lalu tambahkan bumbu yang halus tadi, aduk-aduk rata sampai mendidih bener.
  5. Lalu masukkan semua daging ayam yang dipotong dan tuangi dengan santan kental .
  6. Langkah terakhir anda, biarkan sampai daging ayam matang betul atau empuk sekali. 
  7. Angkat dan sajikan dengan lontong atau ketupat serta sambal 
Nikmati Opor Ayam selagi hangat dan nikmati bersama-sama dengan rekan atau keluarga anda. Demikian Cara Membuat dan Resep Opor Ayam lezat dari kami. Silahkan intip jugaresep kami sebelumnya yaitu Cara Membuat Keripik Pisang Renyah Gurih cemilan sehat untuk keluarga anda. Terus nantikan resep dari kami di zonamakan.blogspot.com ya dear, akan ada banyak olahan masakan yang kami bagikan untuk anda. Selamat mencoba
 
Resep Opor Ayam Pilihan Sederhana | Unknown | 4.5