Resep Serabi Solo Asli Enak Gurih

Resep Serabi Solo - Serabi yang terkenal berasal dari daerah Notokusuman, yang sering disingkat menjadi Notosuman (Serabi Notosuman). Masyarakat lebih mengenal dengan sebutan Serabi Solo, karena berasal dari kota Solo. Serabi merupakan salah satu jajanan khas dari Solo yang terbuat dari santan kelapa dicampur dengan sedikit tepung, yang menjadikannya bercitarasa gurih. 

Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek. Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka. 

Bentuk Serabi Solo menyerupai pancake atau serabi biasa sama-sama bulat dan sedikit cekung, hanya saja kalau Serabi Solo bentuknya lebih tipis dan pinggirnya ada tepung tipis kering yang mnyerupai kulit kayu. Rasa dari Serabi Solo jelas manis gurih dan sangat lembut. 

Uniknya dalam membuat Serabi Solo yaitu menggunakan wajan khusus dan memasaknya diatas anglo bukan kompor, sehingga menghasilkan bau makanan yang istimewa. Bau Serabi Solo harum dan rasanya juga enak sehingga membuat kita tergugah untuk memakannya.

Cara Membuat Serabi Solo sangat mudah dan bahannya juga gampang didapat dipasaran. Harga dari Serabi Solo terjangkau. Serabi Solo dapat dijadikan sajian cemilan saat bersantai dengan ditemani teh hangat atau coffe yang nikmat, selain itu cocok juga dapat dijadikan untuk sajian diberbagai acara penting dan acara besar.

Kami akan berbagi resep bagaimana Cara Membuat Serabi Solo yang enak dan memiliki aroma harum alami. Semakin anda dapat membuatnya sendiri dengan hasil yang istimewa, dapat anda jadikan sebagai peluang usaha untuk berbisnis kuliner Serabi Solo, karena di luar wilayah kota Solo masih sangat jarang penjual Jajanan Serabi Solo yang enak dan lezat. 

Anda dapat mengkreasikan Serabi Solo dengan berbagai topping dan rasa serta penyajiannya tanpa merubah bentuk serta cara mengolahnya. Silahkan simak baik-baik Resep Serabi Solo yang akan kami berikan untuk anda semua. Berikut adalah resep lengkapnya.

Resep Serabi Solo
Resep Serabi Solo

Bahan Serabi Solo :

  1.  ½ sendok teh soda kue
  2.  1 butir kuning telur ayam
  3.  100 cc air pandan
  4.  250 gram gula cair
  5.  500 gram tepung beras
  6.  600 cc air matang
  7.  750 ml santan kental matang
  8.  Topping sesuai dengan selera

Cara Membuat Serabi Solo :

  1. Pertama buat adonan dengan memasukkan tepung beras ke dalam tempat baskom, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit, trus aduk hingga mengental.
  2. Setelah adonan tadi selesai masukkan soda kue dan gula cair ke dalamnya, aduk hingga merata, diamkan selama sekitar 45 menit. Campuran bahan-bahan ini adalah adonan utama.
  3. Selanjutnya siapkan cetakan serabinya, dan panaskan cetakan di atas api arang atau kompor, dan jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan minyak goreng supaya tidak lengket.
  4. Bila adonan utama telah selesai didiamkan selama 45 menit, berarti adonan utama telah siap untuk digunakan sebagai bahan utama pembuat Serabi.
  5. Masukkan kira-kira 1 sendok sayur besar adonan kue sambil ditekan pada daerah tengahnya agar dapat menghasilkan bagian luar atau pinggiran yang tipis.
  6. Ketika adonan kue sudah setengah matang, tuangkan santan kental matang sebanyak 1 sendok sayur kecil, lalu tutup.
  7. Apabila Anda ingin memberikan topping pada Kue Serabi, buka penutup cetakan, lalu taburkan topping, tutup kembali cetakan. Tunggu hingga matang.
  8. Apabila pada bagian pinggiran kue yang tipis sudah berubah warna menjadi kecoklatan, itu menandakan bahwa Kue Serabi Notosuman sudah matang.
  9. Keluarkan dari cetakan, sajikan selagi masih hangat.
Nikmati Serabi Solo selagi hangat, akan terasa nikmat jika menyantapnya di pagi hari atau malam hari. Demikian Cara Membuat dan Resep Serabi Solo yang enak dan gurih khas asli Solo dari kami. Jangan luma simak juga resep kami sebelumnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu Cara Membuat Teh Talua Khas Padang yang segar dan sehat. Nantikan resep-resep kami selanjutnya hanya di zonamakan.blogspot.com dengan resep yang berbeda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Resep Serabi Solo Asli Enak Gurih | Unknown | 4.5