5 Resep Buka Puasa 2015

5 Resep Buka Puasa 2015 - Sebentar lagi menjelang bulan suci ramadhan yang selalu kita nantikan setiap tahunnya. Bagi para umat muslim sudah pasti menjadi bulan yang sangat istimewa. Bulan ramadhan merupakan bulan amalan kebaikan, karena di bulan ini para umat islam di wajibkan menunaikan ibadah puasa selama sebulan dan di anjurkan mengamalkan hal-hal baik agar mendapatkan pahala yang berlimpah. Meskipun berbuat baik itu tidak hanya di bulan ramadhan saja, namun di bulan tersebut merupakan bulan keberkahan sehingga sangat baik jika amal ibadah kita ditingkatkan.

Bulan Puasa menjadi ajang yang paling istimewa untuk keluarga, karena di bulan ini selalu ada waktu yang diluangkan untuk berkumpul bersama. Waktu yang paling ditunggu saat berkumpul yaitu waktu sahur, waktu berbuka dan waktu tarawih berjamaah.

Keistimewaan bulan suci ramadhan hanya 1 bulan dalam setahun sekali dapat kita rasakan, sehingga jangan sampai menyia-nyiakan waktu tersebut. Momen berharga ini tentunya harus di dukung faktor-faktor lainnya, misalkan mau berbuka atau sahur bersama maka kita harus siapkan menu-menu istimewa yang mengiurkan.

Menu-menu istimewa di bulan puasa tidak harus menu yang mahal, cukuplah menu yang sederhana tapi rasanya enak. Sebagai seorang istri atau ibu, pandai-pandailah memilih menu sahur dan berbuka yang cocok untuk keluarga.

Usahakan pada saat sahur, pilihlah menu masakan yang praktis, simpel, tapi memiliki gizi yang cukup tinggi misalnya seperti telur balado yang rasanya enak pedas biar ngantuknya hilang dan semangat makan sambil menunggu waktu subuh, dan perhatikan juga menu minumannya misal susu atau teh manis agar di siang hari hingga sore hari tenaga masih fit.

Sedangkan menu untuk berbuka puasa juga sebaiknya disiapkan dengan baik, karena kondisi tubuh saat berbuka sangat membutuhkan tenaga yang telah habis akibat aktivitas seharian. Oleh karena itu kita harus pandai memilih menu untuk berbuka dengan tujuan untuk mengembalikan tenaga bagi tubuh. 

Anjuran dari berbagai kalangan dan fakta juga membuktikan kalau makan saat sahur dan berbuka itu tidak boleh berlebihan karena akan mengakibatkan perut kembung, mual dan sakit sendiri sehingga makanlah dengan porsi yang secukupnya saja. 

Banyak menu-menu enak dan sehat untuk santapan berbuka, seperti yang akan kami ulas di zonamakan.blogspot.com berikut ini adalah 5 Resep Buka Puasa 2015 yang berisi resep-resep lezat dan sehat yang cocok untuk menu berbuka anda dan keluarga.

Menu berbuka puasa tidak harus mewah dan mahal. Sebisa mungkin kita bikin sendiri masakan untuk berbuka karena momen bulan puasa ramadhan tidak setiap hari ada. Ciptakan suasana hangat bersama keluarga di meja makan anda. Silahkan simak dan cobalah 5 Resep Buka Puasa 2015 berikut ini.

Pertama, Resep Perkedel Kentang

Resep Perkedel Kentang
Resep Perkedel Kentang
  • Bahan Perkedel Kentang :
  1. 1 kg kentang, potong tipis memanjang
  2. 5 butir bawang merah, iris tipis
  3. 3 siung bawang putih, cincang
  4. 3 batang saledri
  5. 2 batang bawang prei
  6. 1 sdt merica bubuk
  7. 1 sdt pala bubuk
  8. 1 sdm kaldu bubuk
  9. 2 butir telur, pisah kuning dan putihnya
  10. garam halus secukupnya
  • Cara Membuat Perkedel Kentang :
  1. Kentang digoreng hingga matang, angkat dan segera dihaluskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih serta seledri dan bawang prei lalu campurkan dengan kentang halus. Tambahkan 2 kuning telur, merica, pala, kaldu bubuk dan garam, aduk rata.
  3. Bentuk adonan bulat agak pipih, celupkan pada putih telur yang sudah dikocok sebentar. Goreng dengan minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Perkedel kentang enak siap disajikan.

Kedua, Resep Orak-Arik Sayur

Resep Orak-Arik Sayur
Resep Orak-Arik Sayur
  • Bahan dan Bumbu Orak-Arik Sayur :
  1. 1 buah wortel, kupas, iris korek api tipis
  2. 75 gram buncis, iris serong tipis
  3. 3 lembar kol, iris tipis
  4. 25 gram taoge, siangi
  5. 2 sendok makan minyak untuk menumis
  6. 3 siung bawang putih, cincang halus
  7. 1 buah cabai merah besar, iris serong
  8. 4 butir telur ayam, kocok lepas
  9. 1/2 sendok makan kecap asin
  10. 1/2 sendok teh garam
  11. 1/4 sendok teh merica bubuk
  12. 50 ml air
  13. 1 batang daun bawang, iris tipis
  14. 1 tangkai seledri, iris halus 
  • Cara Membuat Orak-Arik Sayur :
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan cabai sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir kasar.
  2. Masukkan wortel dan buncis. Aduk sampai setengah layu. Masukkan kol dan taoge. Aduk rata.
  3. Tambahkan kecap asin, garam dan merica. Aduk rata. Tambahkan air. masak sampai matang dan meresap.
  4. Menjelang diangkat tambahkan daun bawang dan daun seledri. Aduk rata. Angkat, sajikan.

Ketiga, Resep Ikan Asin Cabai Hijau

Resep Ikan Asin Cabai Hijau
Resep Ikan Asin Cabai Hijau
  • Bahan Ikan Asin Cabai Hijau :
  1. 2 ekor ikan asin kembung (jenis apa aja asal dagingnya agak tebal (ini bahan satu-satu nya dan bahan paling pentingg)
  • Bumbu Ikan Asin Cabai Hijau :
  1. 10 btr bawang merah, iris halus
  2. 5 sng bawang putih, iris halus
  3. 100 gr cabe hijau, iris serong
  4. 4 bh tomat hijau, masing2 potong 4
  5. 2 cm lengkuas
  6. 2 lbr daun salam sedikit air panas.
  • Cara Membuat Ikan Asin Cabai Hijau :
  1. Rendam ikan asin dalam air panas selama 15 menit agar berkurang rasa asinnya.
  2. Tiriskan kemudian goreng sampai matang.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi.
  4. Tambahkan daun salam, lengkuas, cabe hijau dan tomat.
  5. Aduk sampai cabe dan tomat layu.
  6. Masukkan ikan asin dan sedikit air.
  7. Biarkan sesaat sampai bumbu meresap
  8. Angkat. Hidangkan bersama nasi hangat.

Keempat, Resep Sup Bayam Segar

zat besi. Sayur bayam bening yang sudah Anda buat harus habis dimakan selama-lamanya dalam 2 jam, karena lebih dari 2 jam, maka zat besi akan berubah menjadi fero atau logam berat yang bersifat meracuni tubuh. Sayur bayam tidak boleh di - See more at: http://resepcaramemasak.org/sayur-bayam-bening#sthash.vyBYj11D.dpuf
Resep Sup Bayam Segar
Resep Sup Bayam Segar
  • Bahan Sup Bayam Segar :
  1. 1 ikat bayam segar
  2. 1 bh jagung manis
  3. 1/4 bks penyedap rasa ayam
  4. 1 sendok makan garam
  5. 2 siung bawang merah
  6. 1/2 sendok teh gula
  7. 2 cm temu kunci
  8. air secukupnya
zat besi. Sayur bayam bening yang sudah Anda buat harus habis dimakan selama-lamanya dalam 2 jam, karena lebih dari 2 jam, maka zat besi akan berubah menjadi fero atau logam berat yang bersifat meracuni tubuh. Sayur bayam tidak boleh di - See more at: http://resepcaramemasak.org/sayur-bayam-bening#sthash.vyBYj11D.dpuf
zat besi. Sayur bayam bening yang sudah Anda buat harus habis dimakan selama-lamanya dalam 2 jam, karena lebih dari 2 jam, maka zat besi akan berubah menjadi fero atau logam berat yang bersifat meracuni tubuh. Sayur bayam tidak boleh di - See more at: http://resepcaramemasak.org/sayur-bayam-bening#sthash.vyBYj11D.dpuf
  •  Cara Membuat Sup Bayam Segar :
  1. Cuci dan bersihkan bayam dan jagung manis. Potong jagung manis menjadi 3-4 bagian.
  2. Selanjutnya didihkan air menggunakan api besar, menunggu mendidih, iris tipis terlebih dulu bawang merahnya.
  3. Masukkan temu kunci dan irisan bawang merah ke dalam rebus, diamkan selama 5 menit saja.
  4. Tambahkan potongan jagung manis, kemudian masukkan garam dan gula secukupnya, aduk-aduk dan tunggu sampai mendidih atau sekitar 3 menit.
  5. Selanjutnya tinggal masukkan bayam dan tambahkan sedikit penyedap rasa. Lalu masak hingga sayur bening bayam matang.
  6. Sajikan selagi hangat.
  • Tips :
  1. Masakan yang menggunakan sayur bayam, kangkung, dan sayur-sayur lainnya yang mengandung banyak zat besi diusahakan harus habis setelah 2 jam memasak, dan jangan di panasin lagi karena dapat merubah zat besi tersebut menjadi zat beracun untuk tubuh.

Kelima, Resep Sambal Korek 

Resep Sambal Korek
Resep Sambal Korek
  • Bahan Sambal Korek :
  1. 10 buah cabe rawit merah yang gendut-gendut
  2. 3 siung bawang putih 
  3. garam secukupnya
  4. minyak panas secukupnya
  • Cara Membuat Sambal Korek :
  1. Ambil bahan-bahan 10 buah cabe merah gendut, 3 siung bawang putih dan di blender sampai setengah halus dan jangan sampai terlalu halus.
  2. Kemudian pindahkan hasil blenderan setengah halus tersebut kedalam ulekan, tambahkan garam secukupnya dan diulek sampai halus.
  3. Setelah halus tuangkan minyak goreng panas dan agar lebih gurih gunakan minyak panas yang habis dipakai untuk menggoreng bebek, ayam atau ikan.
  4. Aduk hingga minyak merata.
  5. Siap dihidangkan dan sajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk.
Demikian 5 Resep Buka Puasa 2015 terbaru dari kami. Siapkan segala kebutuhan memasak anda dan cobalah menu-menu istimewa meski sederhana setiap harinya untuk keluarga anda. Kembangkan kreasi-kreasi memasak anda di rumah dan dapatkan inspirasi-inspirasi memasak enak, lezat, sehat ala resto ala resep nenek moyang bersama kami di zonamakan.blogspot.com. Setelah tadi kami ulas secara lengkap Cara Membuat dan 5 Resep Buka Puasa 2015 di artikel terbaru kami, simak juga artikel masakan dari kami sebelumnya yaitu 3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis untuk sehari-hari. 

Selanjutnya nantikan resep-resep istimewa dari kami, karena masih banyak kejutan resep lainnya. Tetaplah stay di blog ini, karena resep yang kami hadirkan selalu up to date dan mudah untuk dicoba bagi pemula serta sangat praktis bagi ahli masak. Selamat mencoba dan semoga resep dari kami bermanfaat
5 Resep Buka Puasa 2015 | Unknown | 4.5