4 Menu Takjil Ramadhan Terlaris 2015

4 Menu Takjil Terlaris 2015 - Apakah anda tau apa itu Takjil? Takjil adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa arab yaitu Ta'jil yang berarti penyegaran. Penggunaan kata Takjil biasanya digunakan pada saat bulan puasa ramadhan. Pada zaman Nabi Muhammad SAW beliau mencontohkan apa itu Ta'jil, Ta'jil yang dimaksud adalah buah kurma yang dimakan pada saat awal berbuka dengan tujuan untuk menyegerakan berbuka dengan yang menyegarkan, manis, dan bermanfaat yaitu beliau mencontohkannya dengan memakan buah kurma.

Namun dimasa sekarang ini, mengikuti perkembangan zaman ternyata masyarakat lebih mengenalnya dengan bahasa dan tulisan Takjil dan yang termasuk daftar menu Takjil cukup banyak. Banyak orang yang berpendapat yang namanya Takjil itu adalah makanan atau minuman yang ringan, manis, dan menyegarkan. Sehingga dari pemikiran yang seperti itu muncullah berbagai menu-menu Takjil baru seperti Kolak, Es Buah, dll.

Seperti yang akan kami ulas mengenai Takjil tentang pengertian Takjil, menu-menu Takjil, dan bagaimana resep membuat Takjil dapat kita simak secara lengkap di zonamakan.blogspot.com. Sebelumnya telah kami bagikan tips-tips menjaga tubuh kita agar tetap fit saat berpuasa di siang hari, yang kami kemas dalam 3 Makanan Paling Dihindari Saat Sahur.

Kini kami akan berbagi 4 Menu Takjil Terlaris 2015 yang berisi menu-menu Takjil yang lagi ngehits sepanjang masa lengkap dengan resep membuat ke 4 Takjil tersebut menjadi menu yang berbeda. Di bulan puasa selalu hadir penjual makanan dan minuman dadakan, karena momen ramadhan hanya hadir 1 bulan dalam 1 tahun, sehingga tidak heran jika banyak yang memanfaatkan momen tersebut dengan cara berjualan.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya juga kalau kita membuat Takjil sendiri dirumah tanpa harus membeli diluar. Karena Cara Membuat Takjil segar dan nikmat itu cukup mudah. Dan kalau kita membuatnya sendiri, keuntungannya adalah kita dapat membuat Takjil sesuai selera dan menyantapnyapun sesuka kita.

Kami akan membantu anda untuk belajar membuat menu-menu Takjil yang enak dan segar. Silahkan pilih menu-menu Takjil dari kami dan siapkan semua bahan kemudian ikuti semua step by stepnya lalu nikmatilah hasil karya anda bersama rekan dan keluarga. Berikut resep lengkapnya hanya di 4 Menu Takjil Terlaris 2015.

Pertama, Kurma

Kurma
Kurma
Pada dasarnya Kurma merupakan menu pembuka saat berbuka yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW sehingga, ketika berbuka dengan memakan Kurma terlebih dahulu dikatakan sebagai salah satu sunnah Rosul. Memakan Kurma tanpa diolah juga sangat lezat, rasanya manis dan sedikit kenyal.

Khasiat yang bisa di dapat dari Kurma juga banyak, karena Kurma memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Jika anda merasa bosan memakan Kurma dengan sajian yang biasa saja, kami hadirkan Resep Olahan Kurma yang istimewa untuk anda.

Aneka Olahan Kurma sebenarnya sangat banyak dan membuatnya juga sangat mudah, hanya permainan kreatifitas dan selera saja. Disini kami ulas secara lengkap apa saja kreasi olahan Kurma yang lagi kekinian dan unik, berikut ada Resep Kurma Isi lapis Coklat, Resep Kue Kurma, Resep Torakur, dan Resep Puding Roti Kurma.

Resep Kurma yang kami sajikan tidak hanya cocok untuk cemilan berbuka anda tapi juga bisa anda sajikan untuk berbagai acara seperti arisa, kumpul keluarga, bersantai, bahkan lebaran, dll. Sehingga wajib anda coba semua resep kreasi Kurmanya biar bisa lebih berkreasi lagi dalam memasak semua olahan bahan makanan.

Kedua, Kolak

Kolak
Kolak
Kolak merupakan menu Takjil yang selalu diminati saat bulan puasa Ramadhan. Kolak adalah olahan makanan dari campuran bahan buah, umbi, yang kemudian dimasak dengan campuran santan kelapa dilengkapi dengan bahan pelengkap lainnya.

Kreasi Kolak saat ini sangat banyak, tidak semua Kolak harus berisi umbi atau buah sehingga kita dapat mengkreasikan Kolak sesuai dengan selera kita. Selain rasanya yang enak, cara membuatnya juga sangat mudah dan bahan-bahannya terbilang ekonomis.

Dalam kategori 4 Menu Takjil Ramadhan Terlaris 2015 sajian Kolak mendapat peringkat kedua di zonamakan.blogspot.com setelah sajian Kurma. Kali ini kreasi Kolak yang kami hadirkan adalah Resep Kolak Pisang Campur. Berikut akan kami sajikan secara lengkap seperti apa Resep Kolak Pisang Campur yang lezat.
Resep Kolak Pisang Campur
Resep Kolak Pisang Campur
  • Bahan Kolak Pisang Campur :
  1. 2 buah pisang raja (250 gram), dipotong miring
  2. 250 ml santan kental
  3. 200 ml santan cair
  4. 250 gram gula merah
  5. 100 gram labu kuning
  6. 100 gram ubi
  7. 100 gram kolang-kaling
  8. Garam secukupnya
  9. Vanila setengah sdt
  10. 1 lembar daun pandan
  • Cara Membuat Kolak Pisang Campur :
  1. Pertama-tama anda dapat memanaskan panci kemudian tuangkan santan cair, kemudian tambahkan dengan gula jawa dan aduk hingga larut. Untuk memudahkan gula merah larut dalam santan, ada baiknya jika anda mengirisnya terlebih dahulu.
  2. Jika sudah larut masukan pula daun pandan, garam dan vanila secukupnya, aduk kembali hingga mendidih. 
  3. Apabila sudah mendidih anda dapat memasukan labu kuning kemudian ubi merah. Hal ini dilakukan karena ke dua bahan tersebut membutuhkan waktu yang lama ketika dimasak.
  4. Selanjutnya anda dapat menambahkan kolang-kaling dan pisang raja kemudian masak pada api yang sedang.
  5. Terakhir anda dapat memasukan santan kental , aduk perlahan hingga masak, kemudian sajikan.

Ketiga, Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau
Bubur Kacang Hijau
  • Bahan Bubur Kacang Hijau:
  1. 150 gram kacang hijau kulit, direndam 1 jam
  2. 1600 ml air
  3. 3 lembar daun pandan
  4. 1/2 sendok teh garam
  5. 200 gram gula pasir
  6. 2 sendok makan tepung sagu dan 2 sendok makan air, untuk mengentalkan
  • Bahan Kuah Santan:
  1. 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  2. 2 lembar daun pandan
  3. 1/4 sendok teh garam
  • Bahan Pelengkap:
  1. 30 gram sagu mutiara merah, direbus
  2. 4 buah nangka, diiris panjang
  3. 100 gram kelapa muda keruk panjang

Keempat, Es atau Sup Buah

Sup Buah Segar
Sup Buah Segar
  • Bahan Sup Buah Segar :
  1. 2 ons gula pasir
  2. 1,5 liter air
  3. 3 cm kayu manis
  4. 5 buah cengkih
  5. Garam secukupnya
  6. Air jeruk nipis secukupnya
  7. 1 sendok makan kapur sirih
  8. Buah Semangka
  9. Buah Melon
  10. Buah Pepaya
  11. Buah Alpukat
  • Cara Membuat Sup Buah Segar :
  1. Larutkan gula, garam, cengkih dan kayu manis dalam air. Panaskan hingga mendidih, kemudian angkat dan saring.
  2. Potong buah sesuai dengan selera anda, bisa bulat, bisa juga kotak. Lalu rendam dengan menggunakan kapur sirih dan tunggu beberapa menit. Jika sudah, cuci sampai bersih dan masukan dalam air gula tadi, aduk hingga rata.
  3. Sebelum disajikan beri pasrahan es batu serta susu kental manis diatasnya.
  4. Sop buah siap untuk dihidangkan.
Demikian 4 Menu Takjil Ramadhan Terlaris 2015 dan Sajian Lengkap Ramadhan yang kami hadirkan spesial untuk ramdhan tahun ini. Simak juga artikel kami sebelumnya yaitu 3 Makanan Paling Dihindari Saat Sahur sehingga ibadah puasa kita tidak terhambat masalah tenggorokan. Tetap nantikan kehadiran resep-resep kami lainnya dan tips-tips lengkap Ramadhan hanya di zonamakan.blogspot.com semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba
4 Menu Takjil Ramadhan Terlaris 2015 | Unknown | 4.5