Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo

Resep Es Dawet Ireng - Es Dawet merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras, yang diolah menjadi bentuk kecil memancang pada umumnya berwarna hijau kemudian di campur dengan air santan dan disajikan dengan gula merah cair dan es. Namun ternyata Es Dawet tidak hanya berwarna hijau, kini ada juga Es Dawet berwarna hitam. 

Es Dawet berwarna hitam in disebut Es Dawet Ireng karena Es Dawet Ireng berasal dari Kota Purworejo Kabupaten Jawa Tengah sehingga namanya juga memakai bahasa jawa yaitu Ireng yang artinya hitam. Es Dawet Ireng ini sudah lama ada di Kota Purworejo, namun sejak munculnya banyak penjual Es Dawet Ireng disepanjang jalan raya perlintasan Purworejo-Banyumas atau Purworejo-Jogja maka mulailah banyak orang yang mengetahui kehadiran Es Dawet Ireng tersebut.

Uniknya Es Dawet Ireng ini terbuat bukan hanya dari tepung beras namun juga ada bahan merangnya. Tetapi kita tidak perlu khawatir, karena meskipun ada bahan merangnya minuman ini tetap aman dan sehat dikonsumsi. Merang yang digunakan hanya diambil sarinya saja yang diperas bersama air. 

Warnanya yang hitam pekat dicampur dengan santan yang berwarna putih sangat menggugah selera kita untuk menghabiskannya. Es Dawet Ireng sangat cocok dinikmati saat siang hari dan sore hari untuk melepas rasa dahaga dan lelah kita. Selain itu Es Dawet Ireng juga cocok sebagai menu pembuka berbuka, serta sajian istimewa diberbagai acara seperti khitanan, pernikahan, arisan keluarga, dll. 

Cara Membuat Es Dawet Ireng juga sangatlah mudah dan bahan yang digunakan juga terjangkau. Saran dari zonamakan.blogspot.com apapun menu makanan dan minuman kita, sebaiknya buatlah sendiri di rumah jika kita bisa kenapa harus beli, selain untuk berhemat juga bisa lebih mengetahui kualitas bahan yang digunakan dan selera rasa yang disesuaikan dengan lidah kita. 

Untuk itu, zonamakan selalu menghadirkan resep pilihan aneka menu makanan dan minuman hingga sajian-sajian unik untuk anda semua. Sebelumnya kami membuat Resep Cemilan yaitu Cara Membuat Oreo Truffles Enak Unik yang cocok sebagai sajian istimewa. Kini kami hadirkan Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo yang tidak kalah istimewanya dengan resep lainnya. Simak baik-baik Resep Es Dawet Ireng berikut ini.
Resep Es Dawet Ireng
Resep Es Dawet Ireng

Bahan Resep Es Dawet Ireng:

  1. 50 gr tepung sagu
  2. 60 gr tepung beras
  3. 600 ml air
  4. 1 sdt garam
  5. 1½ sdm abu merang dan 50 ml air, dilarutkan, disaring
  6. 1/8 sdt pewarna hitam
  7. Bahan sirup:
  8. 250 gr gula jawa/gula merah, diiris halus
  9. 2 lembar daun pandan
  10. 250 ml air
  11. 2 tetes vanilla essence

Bahan Kuah Santan Resep Es Dawet Ireng:

  1. 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  2. 2 lembar daun pandan
  3. ¼ sdt garam

Bahan Pelengkap Resep Es Dawet Ireng:

  1. Buah nangka, dipotong-potong (bila suka)
  2. Es batu

Cara Membuat Resep Es Dawet Ireng :

  1. Siapkan adonan cendol dengan mencampurkan tepung beras, tepung sagu, air, air abu merang, garam, dan pewarna hitam. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak menggumpal, kemudian masak sambil terus diaduk-aduk hingga meletup-letup dan kental.
  2. Siapkan baskom berisi air es, kemudian tempatkan cetakan cendol di atasnya.
  3. Tuang adonan cendol  di atas cetakan lalu ditekan-tekan atasnya.
  4. Saring cendolnya, sisihkan.
  5. Didihkan bahan sirup di atas api kecil sampai kental, aduk rata, sisihkan.
  6. Rebus bahan kuah santan sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan jangan sampai santan pecah agar rasanya tetap seger.
  7. Setelah sirup dan kuah santan dingin, siapkan gelas saji kemudian masukkan ½ sdm potongan nangka, 3 sdm cendol hitam, siram dengan kuah santan, lalu diberi es batu. Terakhir tuang sirup. Es dawet ireng pun siap dinikmati.
Nikmati Es Dawet Ireng selagi dingin dan lengkapi hidangan anda dengan aneka Cemilan Unik dari kami. Demikian Cara Membuat dan Resep Es Dawet Ireng khas Purworejo yang kami hadirkan untuk anda semua. Nantikan resep-resep lainnya hanya di zonamakan.blogsspot.com sahabat para bunda. Selamat mencoba 
Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo | Unknown | 4.5