Resep Kue Galundeng Asli Banyumas

Resep Kue Galundeng - Satu lagi makanan terkenal yang berasal dari Pulau Jawa. Tepatnya makanan ini berasal dari mana, belum diketahui, tapi yang jelas makanan ini banyak sekali di wilayah Banyumas hingga terkenal dengan sebutan Galundeng Asli Banyumas. Karena rasa Galundeng buatan orang Banyumas sangat enak. Roti dalamnya empuk, gula luarannya keras tapi manisnya sedikit gosong tanpa pait, sehingga menciptakan keunikan tersendiri.

Galundeng dikenal juga dengan nama Bolang-Baling, Golang-Galing, Galundheng hingga Donat Jawa. Resep Kue Galundeng merupakan salah satu Resep Tradisional yang sudah ada sejak dahulu, siapa penemu Resep Kue Galundeng tidak diketahui. Yang jelas Resep Kue Galundeng selalu sama dan tetap ada hingga sekarang. Resep Kue Galundeng menjadi salah satu Resep Warisan Nusantara yang masih dijaga hingga sekarang.

Kini Galundeng ada kreasinya yaitu diberi taburan diatasnya dengan biji wijen sehingga dinamai Galundeng Wijen atau Bolang-Baling Wijen, atau Golang-Galing Wijen. Rasanya sama hanya saja lebih manisan yang tanpa wijen karena kalau yang Galundeng Original Resep Kue Galundeng nya menggunakan taburan gula yang menempel diatas Kue Galundeng.

Cara Membuat Galundeng Asli Purwokerto atau Banyumas ini sangatlah mudah dan tentunya bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang aman dikonsumsi semua orang serta harganya pun cukup terjangkau. Kue Galundeng rasanya manis asli gula, dan teksturnya kasar diluar lembut di dalam, ketika digigit sedikit keras tapi sedikit mulur dan empuk, rasa luarnya lebih manis dari dalamnya terlebih luarnya ada taburan gula yang mengering. Bagi yang belum pernah memakan Kue Galundeng, pasti sekali makan akan ketagihan. 

Penasaran bagaimana Cara Membuat Kue Galundeng yang mudah dan hasilnya enak? Di artikel kami kali ini, akan kami hadirkan Resep Kue Galundeng Asli Banyumas yang enak dan lezat. Silahkan anda simak dengan cermat Resep Kue Galundeng berikut ini.
Resep Kue Galundeng
Resep Kue Galundeng

Bahan Resep Kue Galundeng :

  1. Sediakan tepung terigu 500 gr
  2. Sediakan gula pasir 75 gr
  3. Sediakan garam secukupnya
  4. Sediakan backing powder 6 gr
  5. Sediakan minyak goreng secukupnya
  6. Sediakan air es secukupnya

Bahan Taburan Resep Kue Galundeng (Opsional) :

  1. Sediakan wijen secukupnya (bila ada, kami tidak memakai)
  2. Sediakan gula pasir secukupnya (kami memakai)

Cara Membuat Resep Kue Galundeng :

  1. Pertama, siapkan wadah dan ambil tepung terigu, backing powder, garam, serta gula pasir, kemudian dicampur menjadi satu dan diaduk hingga rata.
  2. Kemudian, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan terus diuleni hingga kalis atau tidak lengket sekitar 10 menit.
  3. Selanjutnya diamkan adonan Kue Galundeng sekitar 30 menit, serta ditutup menggunakan kain bersih.
  4. Setelah itu, uleni kembali adonan sekitar 5 menit.
  5. Tutup kembali dan diamkan semalam.
  6. Lalu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi kotak, kemudian olesi dengan air dan gulingkan diatas campuran gula dan wijen (jika pakai wijen).
  7. Ulangi langkah nomor 6 hingga adonan habis.
  8. Selanjutnya, panaskan minyak goreng, kemudian goreng Kue Galundeng atau Bolang-Baling atau Golang-Galing ini hingga matang berwarna kecoklatan dan mengembang.
  9. Angkat, tiriskan dan siap dihidangkan.
Sebelum digoreng, anda juga dapat mengisi Kue Galundeng ini dengan menggunakan cokelat, keju, kismis, selai, dll sehingga rasanya akan sangat enak sekali. Kue Galundeng yang sederhana akan terlihat lebih istimewa Kue Galundengnya dikreasikan dengan aneka topping ataupun popping. Timing paling pas untuk menikmati lezatnya Kue Galundengadalah saat pagi hari dan saat cuaca dingin ditemani dengan secangkir Minuman Hangat atau Kopi Nikmat Ala Racikan Cafe tentunya menikmatinya akan lebih bermakna juga saat ada orang spesial yang meikmati hidangan Kue Galundeng buatan kita sendiri. 

Tidak hanya cocok untuk dimakan sendiri bersama keluarga, namun Kue Galundeng juga cocok untuk dijadikan sebagai hidangan istimewa di acara arisan, ataupun hajatan. Kue Galundeng biasanya dijual oleh para pedagang di pasar tradisional ataupun outlet-outlet di depan ruko dan pinggir jalan dengan harga per bijinya/ per satuannya seharga 800 hingga 1000 rupiah. Harga biasanya tergantung ukurannya dan taburannya. 

Kebanyakan pedagang Kue Galundeng hanya menjajakkan Resep Kue Galundeng yang memakai wijen dan original saja, belum ada yang menjajakkan Kue Galundeng dengan kreasi lain, misalnya seperti Kue Galundeng Isi Coklat, Kue Galundeng Isi Keju, Kue Galundeng Isi Kismis, dll. Bagi anda yang gemar dengan dunia kuliner dan ingin memulai bisnis kuliner, mungkin Kreasi Kue Galundeng yang kami sarankan dengan dasar Resep Kue Galundeng Asli Banyumas dari kami ini dapat menjadi salah satu referensi unik dan peluang besar untuk bisnis anda. 

Demikian Cara Membuat Dan Resep Kue Galundeng asli Banyumas dari kami di zonamakan. Jangan lupa cobain juga Resep Sup Merah Spesial Khas Jawa Timur yang sangat cocok menjadi santapan hangat bersama keluarga anda di rumah. Nantikan resep-resep lezat kami yang lainnya hanya di zonamakan.com yang menjadi sebuah tempat kumpulan resep paling enak dari seluruh dunia. Tetaplah bersama kami menjelajah Lezatnya dunia kuliner. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Resep Kue Galundeng Asli Banyumas | Unknown | 4.5