Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas

Resep Sarden Kaleng - Sarden Kaleng merupakan salah satu jenis ikan laut yang diolah menjadi makanan instan dengan cara dikemas kedalam kaleng. Ada beberapa brand yang menjadikan Ikan Sarden ini sebagai masakan kaleng, seperti ABC, Pronas, King Fisher, dll. Ikan Sarden Kaleng dapat diolah menjadi berbagai kreasi masakan yang dapat disesuaikan dengan selera lidah kita. Sehingga bagi Anda yang memiliki banyak ide masakan, maka Sarden Kaleng dapat menjadi salah satu menu pilihan.

Cara mengolah Ikan Sarden Kaleng atau Sarden Instan ada berbagai macam cara, ada yang mengolahnya dengan cara dipanaskan saja, ada juga yang diolah ulang menjadi resep yang berbeda. Kali ini Zona Makan akan membuat olahan Sarden Kaleng dengan cara yang diolah ulang dengan resep sendiri sehingga akan terasa lebih istimewa. Karena menurut kami, apabila Sarden Kaleng tidak diolah ulang atau hanya dipanaskan saja tanpa ada tambahan bumbu, maka rasanya akan amis. Oleh karena itu zonamakan.blogspot.co.id akan memberikan beberapa trik dan tips bagaimana cara mengolah Sarden Kaleng yang Spesial.

Ketahuilah, sebelum Anda membeli atau akan mengolah Sarden Kaleng lebih baik cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa yang tertera pada kaleng, sehingga dapat diketahui layak tidaknya untuk dikonsumsi pada saat itu. Meskipun Sarden Kaleng tergolong olahan makanan praktis atau instan, namun kualitas gizi pada makanan ini tidak perlu diragukan. Kualitas rasa yang diciptakan di dalam Sarden Kaleng juga sangat lezat. Ada berbagai pilihan rasa yang ada didalam Sarden Kaleng, seperti Ikan Sarden Saus Tomat, Ikan Sarden Sambal Balado, Ikan Sarden Pedas, Ikan Sarden Goreng, dll.

Zona Makan akan mengolah Sarden Kaleng menjadi kreasi masakan yang lezat tanpa menghadirkan rasa amis dan bau tidak sedap. Sarden Kaleng yang akan diolah kali ini adalah Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas. Cara Mengolah Sarden Kaleng agar rasanya tidak amis adalah dengan menambahkan bumbu rempah didalamnya. Seperti Resep Sarden Kaleng yang akan kami olah berikut ini. Berikut adalah ulasan lengkap dari Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas.
Resep Sarden kaleng Spesial Tomat Pedas
Resep Sarden kaleng Spesial Tomat Pedas

Bahan Resep Sarden Kaleng :

  1. 1 Kaleng Sarden Ukuran Besar (merk apapun, cek tanggal kadaluarsa)
  2. 1 Gelas besar air putih
  3. 5 Sendok makan minyak goreng
  4. 1 Siung bawang bombay
  5. 1 Buah tomat merah segar
  6. 2 Tangkai daun bawang/ loncang

Bumbu Resep Sarden Kaleng :

  1. 6 Buah cabai merah besar
  2. 9 Buah cabai rawit (bila suka pedas)
  3. 4 Siung bawang merah
  4. 2 Siung bawang putih
  5. 1 Biji kemiri
  6. 1/2 Ruas jari kunyit
  7. 1/2 Ruas jari jahe (bila suka)
  8. 1/2 Sendok makan merica bubuk
  9. Garam secukupnya
  10. Gula merah secukupnya
  11. Penyedap rasa secukupnya (saya pakai masako ayam)

Cara Membuat Resep Sarden Kaleng :

  1. Rebus cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih hingga lunak, tiriskan.
  2. Haluskan bumbu yang tadi sudah direbus bersama dengan kemiri, jahe, kunyit, merica, dan garam. Tiriskan.
  3. Setelah itu iris bawang bombay dan daun bawang sesuai selera. Lalu belah tomat menjadi 4 bagian.
  4. Selanjutnya panaskan wajan yang berisi 5 sendok makan minyak goreng, kemudian tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan bumbu halus (aduk rata), masukkan garam dan gula merah, serta penyedap rasa, aduk rata hingga berbau harum (gunakan api kecil), kemudian masukkan air putih (aduk rata). Cicip bumbunya ketika air sudah mulai mendidih, apabila rasa kurang asin atau manis maka segera tambahkan gram atau gulanya.
  5. Apabila rasa sudah sesuai selera, segera masukkan Sarden Kaleng, daun bawang dan tomat, aduk hingga merata, tunggu sejenak hingga kuah mengental dan mendidih.
  6. Jika kuah sudah mengental dan mendidih serta rasa sudah sesuai selera Anda, maka matikan api lalu sajikan.

Nb.: 

Saya tidak memakai jeruk ataupun daun jeruk, karena kurang suka dengan rasanya, apabila Anda menghendakinya maka saran saya gunakan sedikit saja agar rasanya tidak pahit.

Nikmati Sarden Kaleng Spesial selagi masih hangat dengan nasi putih yang pulen, dan ditemani dengan keripik atau peyek kacang atau Mendoan hangat, dijamin rasanya akan lebih nikmat. Demikian Cara Membuat Dan Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas agar rasanya tidak amis. Menu Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas ini menjadi salah satu makanan favorit keluarga kami, sehingga kami ingin berbagi resep keluarga yang satu ini. 

Selain menyajikan Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas ini, Zona Makan juga menghadirkan berbagai aneka resep masakan dan minuman andalan keluarga, serta Resep Diet Sehat Tanpa Obat. Sehingga bagi Anda para pemula yang ingin belajar masak atau bagi Anda yang jago masak namun menginginkan Resep yang berbeda, silahkan pilih resep kesukaan Anda di zonamakan.blogspot.co.id. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas | Anggin Susanti | 4.5