Resep Rendang Sapi Spesial Gurih dan Nikmat

Resep Rendang Sapi Spesial - Rendang merupakan makanan khas dari Padang, Sumatera Barat. Makanan Rendang Sapi sering kita jumpai di rumah makan Padang yang sudah tersebar hampir di seluruh Nusantara. Para pecinta masakan Padang, tentu tidak akan melewatkan menu yang satu ini.

Sifat dari Rendang Sapi itu tahan lama, jadi tak heran kalau banyak yang menjadikan Rendang Sapi sebagai bekal untuk bepergian baik di dalam maupun luar kota. Kalau kita membeli Rendang Sapi memang harganya tak semurah membeli ayam bakar, karena bahan daging sapinya saja sudah mahal, apalagi bumbu yang digunakan mampu membuat Sapi ini dijadikan Rendang yang nikmat, sehingga pantas untuk dihargai yang lumayan mahal.

Pada saat hari raya Orang muslim biasanya masakan Rendang Sapi menjadi salah satu pilihan menu makan yang enak disantap bersama-sama. Rasanya yang gurih pekat dan sedikit pedas memang spesial dan istimewa. Masakan ini berani adu dengan masakan luar negeri, karena rempah- rempah yang digunakan sebagai bumbunya cukup banyak.

Tips Rendang Sapi Spesial yang paling penting saat memilih daging Sapi, pilihlah daging gandik karena daging gandik adalah salah satu bagian dari paha belakang sapi yang terluar dan paling dasar. Dagingnya padat dan tidak banyak mengandung lemak. Penggunaan kunyit atau daun kunyit bertujuan untuk menghilangkan rasa amis dari daging.

Bagi para pecinta Rendang Sapi, sekarang kami akan membagikan Resep Rendang Sapi Spesial yang gurih dan nikmat. Yuk langsung saja kita praktekkan.

Resep Rendang Sapi Spesial
Rendang Sapi Spesial

Bahan Rendang Sapi Spesial :

  1. 1 kg daging sapi tanpa lemak, potong sesuai selera
  2. 3 butir kelapa tua, parut kemudian peras hingga menjadi santan kental dan santan encer
  3. 2 batang serai (memarkan)
  4. 4 lembar daun jeruk purut
  5. 2 lembar daun kunyit (ikat)

Bumbu Halus Rendang Sapi Spesial :

  1. 1 ons cabai merah keriting
  2. 20 butir bawang merah
  3. 10 siung bawang putih
  4. 5 buah kemiri
  5. 3 cm laos/ lengkuas
  6. 2 cm jahe
  7. garam secukupnya

Cara Membuat Rendang Sapi Spesial :

  1. Rebus santan encer bersama bumbu yang telah dihaluskan (bumbu halus) lalu serai, daun jeruk dan daun kunyit. Aduk perlahan hingga mendidih
  2. Masukkan daging Sapi yang telah dipotong-potong, Aduk hingga santan mulai surut, jika saat sudah surut maka tambahkan santan kental sedikit demi sedikit
  3. Masak dengan terus menerus hingga santan mengering dan mengeluarkan minyak. Gunakan api kecil agar rendang tidak cepat gosong
  4. Setelah matang, angkat dari wajan dan hidangkan dalam piring saji, hias sesuai keinginan
  Nah, mudah kan cara membuat Rendang Sapi Spesial diatas. Demikian ulasan Cara Membuat dan Resep Rendang Sapi Spesial yang dapat kami sajikan. Jangan lupa coba juga resep masakan seafood yang telah kami sajikan dalam Resep masakan Cumi Pedas tak kalah nikmat dengan resep lainnya. Semoga anda bisa mempraktekkannya dengan rasa yang tak tertandingi untuk keluarga anda tercinta.
Resep Rendang Sapi Spesial Gurih dan Nikmat | Unknown | 4.5