Cara Membuat Cimol Kenyal Asli Bandung

Cara Membuat Cimol - Cimol merupakan salah satu makanan atau cemilan Khas Kota Bandung. Asal mula nama Cimol di ambil dari kata Aci Digemol yang artinya, tepung Aci yang dibentuk bulat. Rasa Cimol yaitu gurih dan sensasinya saat dimakan terasa sangat kenyal.

Biasanya untuk menambah rasa kelezatan Cimol, dilengkapi dengan bumbu tabur berbagai rasa seperti pedas asin, manis balado, barbeque, dll yang pasti bumbu tabur instan. Aneka rasa bumbu tabur yang ingin di camper kedalam Cimol dapat di pilih sesuai keinginan dan selera masing-masing. 

Cimol sekarang ini sudah sangat terkenal dimana-mana, bukan hanya di kota asalnya saja. Hal tersebut terbukti dari banyaknya penjual Cimol di berbagai wilayah desa maupun kota di Indonesia. Biasanya harga sekitar 100 rupiah per biji dengan ukuran sedang. 

Menikmati Cimol harus dalam keadaan hangat karena jika dingin, maka Cimol akan mengempis dan penuh dengan minyak. Kekenyalan yang di dapat dari Cimol tersebut karena terbuat dari tepung aci dan rasa gurihnya terasa karena bumbu rempah yang digunakan mampu memberikan rasa gurih yang istimewa.

Bahan pelengkap Cimol yaitu bumbu tabur instan dapat dibeli di pasar atau toko-toko roti terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. Seandainya bumbu tabur isntannya susah di dapat, anda juga bisa menggantinya dengan saus, mayonaise atau sambal buatan sendiri. 

Banyak orang yang menggemari jajanan Cimol karena harga terjangkau dan rasanya dijamin enak. Kami tertarik untuk membuat Cimol yang gurih dan kenyal ini, karena Cimol adalah jajanan yang tidak membosankan. Setelah kami berbagi Resep Steamboat Lengkap Ala Korea yang sedang jadi buruan kuliner orang Indonesia dan sekarang kami akan berbagi resep asli Indonesia yaitu Resep Jajanan Cimol asli Bandung.

Di zonamakan.blogspot.com akan kami jabarkan secara lengkap bagaimana Cara Membuat Cimol Asli Bandung ini agar hasilnya kenyal dan gurihnya pas. Cara Membuat Cimol sangat mudah dan praktis, hanya saja cukup berhati-hati saat menggorengnya untuk menghindari letupan minyak goreng. Silahkan simak resep lengkap Cara Membuat Cimol dengan baik dan benar.

Cara Membuat Cimol
Cara Membuat Cimol

Bahan Dan Bumbu Cimol :

  1. 300 gram aci (tepung tapioka/ kanji)
  2. 1 batang daun bawang, iris tipis
  3. minyak untuk menggoreng
  4. aci secukupnya untuk taburan
  5. bubuk cabe balado, bubuk keju atau sesuai selera untuk bumbu taburan

Bahan Biang Cimol :

  1. 100 gram aci
  2. 400 ml air
  3. ½ sendok teh merica
  4. garam dan penyedap secukupnya
  5. 1 sdm ketumbar, haluskan
  6. 4 siung bawang putih, haluskan
  7. 1 sendok makan minyak goreng

CARA MEMBUAT CIMOL :

  1. Siapkan panci, campurkan 100 gram aci untuk biang dengan ketumbar dan bawang putih, beri garam, penyedap dan merica serta 1 sendok makan minyak goreng kemudian tuang air dan aduk rata. Nyalakan api kecil, masak sambil diaduk hingga mengental dan warnanya berubah menjadi bening, matikan api.
  2. Masukkan irisan daun bawang kemudian aduk adonan dengan sendok kayu sambil memasukkan 300 gram aci sedikit demi sedikit. Lanjutkan uleni dengan tangan setelah adonan hangat agar lebih merata sampai adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.
  3. Ambil sedikit-sedikit adonan lalu pulung bulat memanjang berdiameter sekitar 1 cm dan potong-potong dengan panjang 3-4 cm atau sesuai selera seperti dibuat bentuk bulat. taburi dengan tepung aci agar tidak lengket.
  4. Goreng adonan dalam minyak yang banyak, bolak-balik agar matang merata lalu angkat dan tiriskan kemudian taburi dengan bubuk bumbu sesuai selera. Gunakan api kecil saat menggoreng dan matikan api terlebih dahulu bila minyak dirasa sudah terlalu panas supaya adonan matang merata di bagian dalam dan hasilnya empuk dan mengembang.
Resep dari kami di tambahkan dengan biang sebagai pelengkap Cimol agar lebih mantap. Ingat, nikmati Cimol selagi hangat. Silahkan lihat resep istimewa dari Kota Paris Van Java lainnya yaitu siomay dan cilok yang tak kalah enak. Demikian Resep dan Cara Membuat Cimol yang gurih dan kenyal. Silahkan sajikan masakan dan jajanan lengkap dengan minuman yang nikmat-nikmat untuk keluarga bersama resep dari kami. Semoga bermanfaat
Cara Membuat Cimol Kenyal Asli Bandung | Unknown | 4.5