Resep Egg Tart Lezat Asli Khas Bali

Resep Egg Tart - Egg Tart merupakan nama lain dari Pie Susu yang menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Bali. Makanan Egg Tart atau Pie Susu ini sudah sangat terkenal hingga ke luar negeri karena bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih manis lezat.

Egg Tart dengan Pie susu memiliki sedikit perbedaan yaitu di dalam isinya, biasanya kalau Pie Susu isinya ada yang coklat, kacang hijau, susu, dll sedangkan Egg Tart isinya adalah susu yang nantinya hasilnya berwarna kuning sehingga menyerupai telor ceplok. Namun banyak masyarakat yang mengatakan bahwa Pie Susu dan Egg Tart adalah sama.

Egg Tart sangat cocok untuk disajikan diberbagai acara, baik acara formal maupun informal. Selain itu Egg Tart juga cocok sebagai hantaran dan oleh-oleh untuk rekan atau keluarga. Dari bentuk Egg Tart sangat unik hampir menyerupai matahari dan telur yang tengahnya berwarna kuning bentuk bulat permukaan sangat halus, namun bagian luarnya seperti bergerigi dan keras namun renyah.

Rasa Egg Tart tentu seperti tart lainnya yaitu manis, dan ada rasa gurihnya, jika di lidah rasanya unik karena bagian luar terasa renyah sedangkan bagian dalam terasa dingin seperti basah lembut manis pokoknya sensasi rasanya berbeda dengan kue kue lainnya.

Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang menggemarinya. Biasanya Egg Tart yang dierjual belikan dipatok dengan harga sekitar 30.000 ke atas tergantung besar kecilnya ukuran Egg Tart. Dari pada membelinya dengan harga yang lumayan mahal, lebih baik belajar membuatnya sendiri. Siapa tahu kalau hasilnya memuaskan dapat membuka bisnis Egg Tart sendiri. 

Kami memiliki resep lengkapnya bagaimana Cara Membuat Egg Tart yang renyah gurih dan lezat. Setelah kami berbagi Resep Cocktail Buah Segar Pilihan Istimewa kini kami menghadirkan Resep Kue sebagai sajian lengkapnya yaitu Resep Egg Tart renyah gurih enak untuk anda. Simak Resep Egg Tart berikut ini, hanya di zonamakan.blogspot.com.

Resep Egg Tart
Resep Egg Tart

Bahan Kulit Egg Tart :

  1. 100 gram mentega tawar dingin
  2. 1/4 sendok teh garam
  3. 30 gram gula tepung
  4. 150 gram tepung terigu protein sedang
  5. 20 gram susu bubuk
  6. 1/2 sendok teh baking powder
  7. 1 kuning telur

Bahan Isi Egg Tart:

  1. 50 gram gula pasir
  2. 1/4 sendok teh garam
  3. 1/4 sendok teh esens vanila
  4. 150 ml air
  5. 4 butir telur , kocok lepas
  6. 100 ml susu evaporated

Cara Membuat Egg Tart :

  1. Kulit: campur mentega tawar dingin, garam, gula tepung, tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sampai berbutir.
  2. Masukkan kuning telur. Uleni sampai lembut.
  3. Pipihkan di cup aluminium diameter atas 8 cm, bawah 4,8 cm, dan tinggi 2 1/2 cm. Bentuk sisinya dengan ditekan menggunakan garpu. Tusuk-tusuk dengan lidi.
  4. Oven 10 menit dengan suhu 170 derajat Celsius sampai setengah matang dan berkulit. Dinginkan.
  5. Isi: rebus gula pasir, garam, esens vanila, dan air sampai mendidih dan gula pasir larut. Dinginkan.
  6. Kocok lepas telur. Masukkan larutan gula pasir dan susu evaporated. Aduk rata.
  7. Tuang di dalam kulit pie.
  8. Turunkan suhunya 160 derajat Celsius. Oven lagi 25 menit sampai matang. Dinginkan.
  9. Saran penyajian untuk 11 buah

 Tips Membuat Egg Tart :

  1. Kocok telur jangan sampai berbuih agar permukaan licin dan mengkilat.
  2. Setelah matang simpan di tempat yang sejuk dan tertutup rapat untuk menghindari lelehan dan serangga.
Nikmati Kue Egg Tart dengan hangatnya teh manis atau Cappucino Latte Mocca dijamin akan menambah kelezatan anda. Demikian Cara Membuat dan Resep Egg Tart yang istimewa dari kami Khas dari Bali. Silahkan anda mencobanya sendiri di rumah. Nantikan resep lengkap yang lainnya dari kami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kita semua
Resep Egg Tart Lezat Asli Khas Bali | Unknown | 4.5