Resep Sate Padang Pedas Nikmat

Resep Sate Padang - Ternyata santapan nikmat dari Padang gak cuma nasi padang. Ada menu lain yang memang nikmat khas Padang juga yaitu Sate Padang. Dari wujudnya saja sudah berbeda degan sate madura atau sate-sate dari daerah lainnya. 

Sate Padang terlihat berbeda dengan sate lainnya karena sambal yang digunakan untuk membumbui sate tersebut. Sambal satenya terlihat berwarna kuning pucat yang kental. Selain itu sate padang ternyata bukan dari daging ayam, tetapi memakai daging sapi jadi menambah sate padang semakin nikmat.

Di wilayah Jawa tentu tidak ada penjual sate yang berbahan dasar sapi kecuali membuatnya sendiri ketika hari raya idul adha. Karena kebanyakan penjual satenya hanya sate ayam dan sate kambing. Mungkin karena harga daging sapi yang lumayan mahal, sehingga kurang begitu di minati banyak kalangan menengah kebawah.

Sate Padang memiliki ciri yang khas dari Padang itu sendiri yaitu rasa pedas. Kebanyakan masakan padang memang terkenal dengan sensasi pedasnya dan kuatnya rasa rempah-rempah yang ada didalam setiap masakan. 

Semakin penasaran bagaimana rasa dan cara membuatnya. Mari simak terus resep dari kami yang satu ini, Resep Sate Padang yang pedas dan nikmat.

Resep Sate Padang
Resep Sate Padang

Bahan Sate Padang :

  1. 1 ltr air 
  2. 250 gr daging has dalam (sapi), rebus, potong 1 cm 
  3. 500 gr lidah sapi rebus, kupas, potong kotak 1 cm (jika suka) 
  4. 5 sdm minyak goreng 
  5. 2 btg serai, memarkan 
  6. 2 cm lengkuas, memarkan 
  7. 1 lbr daun kunyit 
  8. 50 ml tepung beras ditambah 250 ml air 
  9. 50 gr kacang tanah kupas, goreng, tumbuk kasar    

Bumbu Halus Sate Padang :

  1. 5 buah cabai merah  
  2. 9 buah bawang merah  
  3. 5 siung bawang putih  
  4. 2 sdt lada  
  5. 2 sdt ketumbar  
  6. ¼ sdt jintan  
  7. 4 cm kunyit
  8. 2 sdt garam

Cara Membuat Sate Padang :

  1. Rebus air, daging has dalam, lidah, minyak goreng, bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun kunyit, sampai daging lunak.
  2. Angkat daging dan lidahnya, lalu tusukkan di tusuk satai.
  3. Saus: Kentalkan sisa kaldu dengan larutan tepung beras, masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Masukkan kacang tanah tumbuk, masak sambil diaduk hingga berminyak, angkat.
  4. Bakar satai di bara api sampai harum. Angkat lalu hidangkan dengan potongan ketupat, siram saus, lalu taburkan bawang goreng.
Anda dapat menyajikan dengan pelengkap ketupat atau lontong serta bawang goreng. Demikian Cara Membuat dan Resep Sate Padang yang pedas dan nikmat. Bagi anda yang ingin menikmati cemilan yang sehat dan menyegarkan serta lezat kami punya resepnya untuk kalian. Silahkan kunjungi resep kami sebelumnya, berikut Resep Sate Buah Saus Cokelat. Selamat mencoba didapur kesayangan anda, semoga bermanfaat
Resep Sate Padang Pedas Nikmat | Unknown | 4.5