Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah - Setelah berkreasi dengan Resep Permen Agar-Agar sekarang ada lagi kreasi lain dari agar-agar. Selain rasanya yang enak, agar-agar memang menyehatkan. Bahan dasar pembuatan agar-agar adalah dari rumput laut yang segar, tentunya memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Agar-agar diperoleh dari ekstraksi satu jenis rumput laut saja dan campuran berbagai macam rumput laut. Zat yag terkandung dalam agar-agar sangat baik untuk pencernaan dan penambah nutrisi dalam tubuh. Oleh karena itu sangat bagus jika tubuh kita mengkonsumsi agar-agar. Dalam agar-agar terkandung vitamin, mineral colloidal, iodin, asam lemak esensial, asam amino, dan berbagai enzim.

Kali ini kreasi lain dari bahan dasar agar-agar adalah membuat agar-agar lapis santan gula merah. Dari nama makanannya saja sudah bisa ditebak apa saja bahan yang paling dibutuhkan. agar-agar dikreasikan dengan santan dan gula merah.

Memang hampir seperti puding, bedanya kalau puding itu agar-agar dan santan dicampur jadi satu, kalau agar-agar lapis santan gula merah hanya di buat lapis tanpa di campur jadi rasa agar-agarnya masih asli. Rasanya manis dan gurih alami.

Makanan atau cemilan ini dapat di jadikan sajian istimewa untuk bekal, arisan, kumpul-kumpul teman atau keluarga, dll. Si kecil dirumah pasti bakal suka banget dengan agar-agar lapis santan gula merah ini. 

Bagi para bunda mari bikin kreasi makanan untuk si kecil bersama kami. Kami punya resep-resep istimewa di zonamakan.blogspot.com . Sekarang langsung saja kami bagikan Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah yang manis dan gurih serta menyehatkan.


Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah
Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Bahan Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah :

  1. air 500 ml 
  2. gula merah 180 g iris kasar 
  3. agar agar bubuk putih 3 sdt 
  4. daun pandan 1 lembar ( dibuat bersimpul ) 
  5. santan kental 300 ml 
  6. garam secukupnya

Cara Membuat : 

  1. Masak gula merah, air, agar agar serta daun pandan ke dalam panci, masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih lalu kecilkan apinya. Masak sekitar 20 menit hingga agar agar larut. 
  2. Campurkan garam dan santan kemudian pisahkan daun pandan dari agar agar, tuangkan santan kedalam larutan agar agar. Masak kembali sampai mendidih, lalu angkat. 
  3. Tuangkan agar agar ke dalam cetakan atau loyang, dinginkan hingga mengeras. Jika sudah dingin, simpan dalam kulkas agar lebih enak. 
  4. Jika sudah dingin secara otomatis santan akan berada diatas dan lapisan gula jawa berada dibawah. 
  5. Agar agar lapis santan gula merah siap dinikmati.
Proses masak yang sangat praktis, cepat dan bahan yang mudah di dapat sangat cocok untuk sajian penutup mulut. Selain enak dan llezat juga menyehatkan. Demikian Cara Membuat dan Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah yang lezat dan menyehatkan dari kami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah | Unknown | 4.5