Resep Tempe Mendoan Asli Purwokerto

Resep Tempe Mendoan - Resep tempe goreng kebanyakan pasti dibuat dengan ukuran kecil dan kering. Kalau resep tempe yang satu ini berbeda. Kali ini adalah Resep Tempe yang di goreng setengah matang tapi matang dengan ukuran lebar besar yaitu dikenal dengan sebutan Tempe Mendoan atau Mendoan.

Tempe Mendoan berasal dari Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Ciri khas yang sangat melekat dengan masyarakat asli banyumas. Kuliner ini ada setiap saat karena sangat cocok di nikmati dalam segala susana dan kondisi. 

Biasanya Tempe Mendoan paling nikmat di makan saat masih hangat terlebih jika di lengkapi dengan cabai hijau yang kecil atau sambal kecap yang mantap. Dijamin anda bakalan ketagihan. Cara membuat Tempe Mendoan sangat mudah dan cepat matang.

Tempe Mendoan cocok dijadikan sebagai lauk untuk makan dan pas juga dijadikan santapan cemilan dengan di temani teh manis hangat atau kopi anda. Tentunya anda akan merasakan kenikmatan dari Tempe Mendoan ini. Selain enak ternyata juga Tempe Mendoan ada kandungan gizinya. Ada protein dan karbohidrat di dalamnya.

Tips agar dapat menghasilkan Tempe Mendoan yang enak dan nikmat adalah pemilihan bahan harus fresh atau segar semua agar cita rasanya benar-benar enak. Biasanya Tempe Mendoan dijual dengan harga 1000 hingga 1500 per lembar tempe. Lumayan mahal kan? 

Dari pada membelinya mending kita bikin sendiri di rumah, dijamin ekonomis, dan lebih puas. Kami punya resepnya bagaimana cara membuat Tempe Mendoan asli purwokerto, dijamin enak karena kami asli orang sana jadi tau rahasianya. Simak terus Resep dari kami. Berikut Resep Tempe Mendoan asli Purwokerto yang nikmat.

Resep Tempe Mendoan
Resep Tempe Mendoan

Bahan Tempe Mendoan :

  1. 500 gram tempe, diiris tipis melebar
  2. 250 gram tepung terigu protein sedang
  3. 400 ml air
  4. 2 batang daun bawang, diiris halus
  5. minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus Tempe Mendoan :

  1. 3 siung bawang putih
  2. 1 1/2 sendok teh garam
  3. 3/4 sendok teh ketumbar
  4. 1 cm kencur

Bahan Sambal Kecap (Aduk Rata) :

  1. 5 sendok makan kecap manis
  2. 1 siung bawang putih, dihaluskan
  3. 4 buah cabai rawit merah, dihaluskan
  4. 1/8 sendok teh garam

Cara Membuat Tempe Mendoan :

  1. Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  2. Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering.
  3. Sajikan dengan sambal kecap.
  4. Untuk 22 buah
Sajikan Tempe Mendoan selagi hangat. Demikian Cara Membuat dan Resep Tempe Mendoan asli Purwokerto yang enak dan nikmat. Bagi anda yang ingin membuat cemilan sehat untuk keluarga da si kecil yang susah makan sayur kami punya sebagai solusi tepat anda berikut Resep Dadar Gulung Isi Bayam. Selamat mencoba, semoga bermanfaat


Resep Tempe Mendoan Asli Purwokerto | Unknown | 4.5