Resep Semur Jengkol Enak Nikmat

Resep Semur Jengkol - Resep masakan nusantara semur jengkol yang menjadi pilihan tepat untuk menu makan malam. Sajian lezat dan nikmat makanan yang sangat spesial. Spesial rasanya dan spesial baunya, oleh karena itu masakan ini lebih baik dinikmati saat malam hari.

Semur jengkol yang nikmat, tergantung bagaimana cara memasaknya dan kualitas jengkolnya. Rahasia kelezatan masakan jengkol adalah empuk atau tidaknya jengkol tersebut. Jadi sebelum membeli jengkol, sebaiknya dilihat terlebih dahulu kondisi jengkolnya.

Masakan jengkol adalah menu masakan favorit keluarga kami, apalagi kalau jengkolnya disemur pedas. Menu ayam bakarnya terkalahkan oleh menu semur jengkol. Sensasi empuk dan rasanya yang istimewa memang tak ada yang menandingi. 

Bagi anda yang tidak suka jengkol karena baunya, mungkin tidak ada salahnya anda mencoba dulu memakan satu koin semur jengkol, pasti ketagihan rasanya. Karena menu masakan semur jengkol adalah kesukaan kami, sudah pasi kami jago untuk membuat semur jengkol yang lezat.

Pengin tahu bagaimana cara memasaknya agar jengkol jadi nikmat. Mari simak Resep Semur Jengkol dari kami yang enak dan nikmat.

Resep Semur Jengkol
Resep Semur Jengkol

Bahan Semur Jengkol :

  1. 500 gram jengkol kualitas sedang
  2. 2 cm lengkuas , digeprek saja
  3. 7 lembar daun jeruk nipis
  4. 4 lembar daun salam
  5. air untuk merebus
  6. kecap kental manis secukupnya
  7. garam dan penyedap rasa secukupnya

Bumbu Halus Semur Jengkol :

  1. 4 siung bawang putih
  2. 8 siung bawang merah
  3. merica secukupnya
  4. 5 buah cabai rawit merah (bisa di tambah jika kurang pedas)
  5. 3 butir kemiri 

Cara Membuat Semur Jengkol :

  1. Langkah pertama, Rebus jengkol yang sudah di kupas kulitnya dengan panci tertutup hingga empuk , kurang lebih sekitar 2 jam . Jika air habis tambahkan lagi airnya .
  2. Jika sudah empuk , angkat , dinginkan kemudian pipihkan semua jengkol dan sisihkan .
  3. Langkah kedua, Panaskan minyak , tumis bumbu halus , daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Lalu
  4. kemudian tunggu hingga harum sambil sesekali di aduk .
  5. Langkah ketiga, Masukan jengkol , lalu aduk merata , kemudian tuangi sedikit air matang lalu aduk lagi hingga merata .
  6. Tambahkan garam , kecap kental manis dan penyedap rasa lalu aduk hingga merata .
  7. Terakhir, Tunggu hingga airnya terlihat mengering dan bumbu mulai meresap ke dalam daging jengkol , lalu angkat 
  8. Semur jengkol buatan anda pun siap untuk disajikan.
Rasakan sensasi yang berbeda saat makan malam, rasanya yang unik dan baunya yang istimewa menambah selera makan kita. Demikian Cara Membuat dan Resep Semur Jengkol yang nikmat dan lezat dari kami. Bagi anda yang suka menu makanan penutup atau dessert yang berbeda, silahkan coba Resep Es Krim Goreng dari kami. Selamat mencoba, semoga bermanfaat
Resep Semur Jengkol Enak Nikmat | Unknown | 4.5