Resep Mie Ramen Ala Jepang

Resep Mie Ramen - Moshi-moshi minasan, tidak hanya Resep Tteokbokki khas Korea yang dapat kami sajikan untuk anda. Kali ini kami akan membahas cara membuat mie ramen ala jepang yang berasal dari Negri Sakura ini. Sebelum tau bagaimana cara membuat mie ramen, ada baiknya anda perlu mengetahui definisi mie ramen itu sendiri.

Mie ramen adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari Cina. Rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi). 

Di atas mie ramen umumnya ditambahkan penyedap berupa beraneka ragam lauk seperti: chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan. Telur rebus untuk mie ramen biasanya berwarna coklat karena direbus di dalam kuah bekas rebusan chasiu. 

Sayuran sekaligus penyedap yang paling umum untuk mie ramen adalah irisan daun bawang. Sebelum ditambahkan ke dalam mie ramen, sebagian penjual mie ramen lebih dulu menggoreng irisan daun bawang di dalam minyak goreng.

Bagi anda umat muslim, kaldu babi dapat diganti dengan kaldu ayam atau lainnya yang halal, sehingga anda tidak perlu cemas untuk memakan kenikmatan mie ramen. Di Indonesia saat ini sedang marak sekali menu makanan dari Jepang salah satunya yang cukup dikenal adalah mie ramen. 

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut akan kami jabarkan bahan dan cara membuat mie ramen ala jepang. Simak Resep Mie Ramen berikut ini.

Resep Mie Ramen
Resep Mie Ramen

Bahan Mie Ramen :

  1. 1 siung bawang putih (cincang halus) 
  2. 1 sdm tepung maizena (larutkan dengan air) 
  3. 2 buah bakso sapi siap pakai (potong 4 bagian)
  4. 2 buah bakso ikan siap pakai (potong 4 bagian)
  5. 2 ekor udang besar (kupas, sisakan ekornya)
  6. 2 helai daun caisim (potong serong)
  7. 2 sdm minyak wijen
  8. 1/4 sdt jahe parut
  9. 100 gr daging ayam (potong dadu)
  10. 250 gr mie bulat siap saji
  11. 350 ml air kaldu ayam
  12. 1000 ml air untuk merebus

Bumbu Mie Ramen :

  1. 1 sdt shoyu (kecap jepang)
  2. 1 sdt kecap manis
  3. 1 sdm saus sambal thailand
  4. 1 sdm minyak ikan
  5. 1/2 sat garam
  6. 1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat Mie Ramen :

  1. Masukkan mi ke dalam air mendidih. Rebus sampai mengapung lalu angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan wajan yang sudah diisi minyak. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, lalu  masukkan udang dan ayam sambil diaduk hingga berubah warnanya.
  3. Masukkan air kaldu, bumbu-bumbu, bakso, dan caisim, aduk sampai mendidih. Lalu tambahkan larutan tepung maizena.
  4. Setelah kuah mengental, masukkan mi, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk.
  5. Sajikan mi ramen selagi hangat.
Demikian Cara Membuat dan Resep Mie Ramen ala Jepang dari kami. Pastinya bila anda membuatnya di rumah cita rasa yang dihasilkan pastinya tambah enak apabila anda menyantapkan bersama keluarga tercinta. Selamat mencobanya sendiri di dapur kesayangan anda, semoga bermanfaaat
Resep Mie Ramen Ala Jepang | Unknown | 4.5