Resep Ketoprak Khas Jakarta

Resep Ketoprak- Hidangan istimewa dari nusantara memang tiada habisnya, setalah kami menyajikan Resep Nasi Tumpeng Kuning kali ini kami akan berbagi resep lainnya yaitu Resep Ketoprak yang tidak kalah nikmatnya. Ketoprak adalah salah satu makanan yang berasal dari Ibukota Jakarta, merupakan makanan khas dari Jakarta. Meskipun berasal dari Jakarta, makanan ini sudah terkenal dimana-mana, karena rasanya yang enak sehingga banyak orang yang berminat membuatnya bahkan menjualnya diberbagai daerah, sehingga orang luar Jakarta tau apa itu Ketoprak.

Resep Ketoprak tidak terlalu ribet sehingga sangat mudah dan praktis untuk membuatnya. Perpaduan rasa gurih, pedas dan manisnya sangat membuat kita ketagihan untuk memakannya. Bagi yang suka pedas atau pun gak suka pedas, anda dapat meraciknya sendiri sesuai selera. Ketoprak sangat nikmat apabila disantap ketika masih hangat dengan dilengkapi minuman yang segar.

Bahan utama dari Resep Ketoprak adalah tahu, ketupat, tauge dan bihun yang disiram dengan bumbu pelengkap yaitu sambal kacang dan kecap, sehingga Ketoprak terasa gurih dan legit, sungguh citarasa yang sempurna. Bahan dari Resep Ketoprak sangat mudah didapat, anda bisa membelinya di pasar, warung bahkan tukang sayur yang keliling di sekitar rumah anda dan harga bahannya juga sangat terjangkau.

Bagi para penikmat kuliner harus coba gimana sensasi kelezatan dari Ketoprak dan wajib bisa mencoba Resep Ketoprak yang enak dan lezat, dijamin ketagihan. Biasanya Ketoprak juga disajikan untuk acara-acara tertentu seperti arisan, kumpul keluarga, reuni, dll. Ibu-ibu cerdas harus bisa memasak berbagai resep masakan yang disukai keluarganya sehingga suami dan anaknya betah dirumah, salah satunya harus bisa mencoba Resep Ketoprak sendiri dirumah untuk keluarga tercinta. 

Sajian tradisional yang istimewa milik nusantara memang harus diacungi jempol, dijamin beda dengan masakan negara lain dan tak kalah lezatnya. Mari kita langsung berbagi trik dan tips gimana Resep Ketoprak yang lezat ala Jakarta. Silahkan simak terus Resep Ketoprak berikut ini.

Resep Ketoprak
Resep Ketoprak

Bahan Ketoprak:

  1. 2 buah (250 gram) tahu putih 
  2. 5 buah ketupat, dipotong-potong (bisa pakai lontong)
  3. 100 gram taoge, diseduh hingga matang, tiriskan
  4. 100 gram bihun, diseduh hingga matang, tiriskan
  5. 2 1/2 sendok makan kecap manis 
  6. 1/2 sendok teh garam 
  7. 2 siung bawang putih, dihaluskan
  8. 150 ml air 
  9. 2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan 
  10. 50 gram kerupuk kanji, digoreng
  11. minyak untuk menggoreng

Bahan Sambal Kacang Ketoprak:

  1. 10 sendok makan kacang tanah kulit, digoreng
  2. 5 buah cabai rawit 
  3. 10 siung bawang putih 
  4. 2 1/2 sendok teh garam 
  5. 100 gram gula merah 
  6. 1 sendok teh air asam (dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air) 
  7. 250 ml air 

Cara Membuat Ketoprak:

  1. Rendam tahu putih dalam larutan garam, bawang putih dan air. Goreng sampai matang kecoklatan, tiriskan lalu potong kotak-kotak sedang.
  2. Sambal kacang: haluskan cabai rawit, bawang putih, kacang tanah yang sudah digoreng matang, garam, dan gula merah. Masukkan air secukupnya dan air asam. Aduk hingga rata.
  3. Sajikan ketupat/ lontong, tahu, tauge, bihun jadi satu diatas piring saji, kemudian siram dengan sambal kacang diatasnya dan beri kecap manis secukupnya.
  4. Tabur dengan bawang merah goreng, sajikan dengan kerupuk kanji.
Penggunaan bahan dan bumbu datas, dapat dijadikan menjadi 4 porsi makanan. Sajikan Ketoprak selagi hangat, sehingga akan terasa lebih nikmat. Demikian Cara Membuat dan Resep Ketoprak yang telah kami ulas, untuk resep kami selanjutnya tetap kunjungi kami di zonamakan.blogspot.com yang selalu menyajikan resep-resep pilihan keluarga. Selamat mencobanya dear





Resep Ketoprak Khas Jakarta | Unknown | 4.5