Resep Nasi Tumpeng Kuning Istimewa

Resep Nasi Tumpeng Kuning- Nasi Tumpeng adalah sajian masakan nusantara asli Made Indonesia yang selalu ada dalam acara-acara resmi dan sakral. Nasi Tumpeng merupakan nasi yang dibentuk seperti caping yang dikelilingi oleh menu pelengkap seperti lauk dan sayur-sayuran. Nasi Tumpeng biasanya berwarna kuning dan putih, namun kebanyakan orang membuat Nasi Tumpeng berwarna kuning karena terlihat lebih cantik dan menarik. Pewarnaan dari Nasi Tumpeng Kuning bukan dari pewarna buatan yang terjual di toko-toko roti atau bangunan, tapi menggunakan pewarna alami yaitu memakai kunir sebagai bahan pewarnanya.

Bentuk Nasi Tumpeng Kuning yang seperti caping memiliki filosofi sejarah yang sangat bermakna. Puncak dari Nasi Tumpeng biasanya di tancapi cabai merah atau sayur kecil lainnya tapi ada juga yang tidak ditancapi apa-apa hal ini mempunyai makna bahwa yang berada paling atas adalah Yang Maha Kuasa atau Tuhan, sedangkan tubuh Nasi Tumpeng adalah para malaikat dan nabi-Nya yang bertugas menjaga keselarasan manusia, serta bagian Tumpeng di paling bawah dan macam-macam lauk pauknya adalah para umatnya yang memiliki berbagai keanekaragaman sifat, sikap dan pemikiran yang berbeda-beda sehingga menimbulkan banyak corak yang beragam, dan apabila disatukan dan ditata secara rapi maka akan terlihat sangat cantik, dunia akan terlihat sangat indah seperti Nasi Tumpeng Kuning yang istimewa. 

Nasi Tumpeng Kuning sudah menjadi tradisi yang melekat bagi masyarakat Indonesia sejak berabad-abad yang lalu oleh para nenek moyang kita, hingga sekarang pelestarian tersebut masih digunakan oleh masyarakat modern di berbagai acara resmi maupun sakral bahkan sekarang sedang trend untuk ajang perlombaan. Biasanya Nasi Tumpeng Kuning dijadikan sebagai menu utama untuk acara selamatan, syukuran, ulang tahun, dll. 

Bagi para ibu-ibu rumah tangga ataupun ibu-ibu yang aktif organisasi, bisa membuat Nasi Tumpeng Kuning seperti menjadi sebuah keharusan, karena jika ada acara resmi atau sakral mereka merasa lebih puas dan lebih hemat untuk membuatnya sendiri. Biasanya anak-anak juga sangat senang jika ada Nasi TUmpeng Kuning, apalagi kalau lauk pauknya terlihat sangat enak dan lezat dengan penataan Tumpeng yang rapi dan mewah tentu akan sangat menggiurkan untuk disantap.

Pembuatan Nasi Tumpeng Kuning juga butuh sebuah kreatifitas yang tinggi agar bisa membuat dekorasi Tumpeng yang istimewa. Ibu yang kreatif akan menghias Tumpengnya dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat dimakan juga, misal seperti tomat, mentimun, selada yang dibentuk dengan berbagai macam rupa seperti bunga atau matahari akan sangat menarik dilihat.

Cara menbuat Nasi Tumpeng Kuning sangat mudah dan sangat simpel, hanya butuh kesabaran dan kreatifitas dalam menghias Nasi Tumpengnya saja yang memang harus butuh latihan lebih serius. Kami akan berbagi cara membuat Nasi Tumpeng di dalam sebuah Resep Nasi Tumpeng Kuning yang lezat dan istimewa. Simak resep berikut ini.

Resep Nasi Tumpeng Kuning
Resep Nasi Tumpeng Kuning

Bahan Nasi Tumpeng Kuning:

  1. 1/2 kg beras putih
  2. 1/4 kg beras ketan
  3. 200 ml santan (bisa ditambah air seperti masak nasi biasa)
  4. 4 cm kunyit, kupas parut
  5. 3 lbr daun salam
  6. Garam secukupnya

 Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning:

  1. Cuci beras putih dan beras ketan, rendam dengan perasan air kunyit yang sudah ditambah air. Air rendaman sebaiknya 1 ruas jari di atas permukaan beras. Rendam selama 20 menit, tiriskan.
  2. Didihkan air dalam dandang, kukus beras dan ketan kuning sampai setengah matang.
  3. Rebus santan bersama daun salam dan garam, matikan api. Kemudian aduk rata, masukkan beras putih dan beras ketan yang telah dikukus. Aduk rata hingga santan terserap.
  4. Masak sampai matang.
  5. Setelah matang, masukkan nasi kuning tersebut kedalam cetakan yang berbentung runcing seperti caping, tekan nasi hingga cetakan terisi penuh, jatuhkan nasi diatas baki atau nampan yang berbentuk bundar besar, posisi menaruhnya ditengah lalu angkat secara perlahan cetakan tersebut. harap sangat hati-hati.
  6. Hias pinggiran Nasi Tumpeng Kuning dengan macam-macam lauk pauk hingga Tumpeng terlihat penuh dan sempurna.
Demikian Cara Membuat dan Resep Nasi Tumpeng Kuning yang istimewa. Anda dapat menghiasnya sesuka hati dengan dilengkapi oleh berbagai lauk pauk seperti telur dadar yang di iris tipis memanjang, ayam goreng, sambal goreng tempe, perkedel, sayur orak-arik, sambal dll sesuai selera anda. Sajikan Nasi Tumpeng Kuning secara istimewa dan lengkapi menu anda diberbagai acara dengan resep-resep kami, salah satunya Resep Es Buah Lollipop dan resep lezat lainnya hanya di zonamakan.blogspot.com. Silahkan mencoba
Resep Nasi Tumpeng Kuning Istimewa | Unknown | 4.5