Resep Rujak Buah Segar dan Sehat

Resep Rujak Buah - Satu lagi menu rujak andalan semua orang. Kali ini kami berbagi Resep Rujak Buah yang berbeda dengan Resep Rujak Serut. Bahannya sama yaitu berbahan dasar buah segar namun cara membuatnya yang berbeda. Kebanyakan orang lebih menyukai Rujak Buah dari pada rujak serut karena cara membuat rujak buah lebih praktis dan rasanya sama-sama enak.

Biasanya Rujak Buah dijual di pinggir-pinggir jalan menggunakan gerobak kecil atau menggunakan meja di warung yang kecil dan ada juga yang menjualnya dengan cara keliling. Paling enak menikmati Rujak Buah itu disiang hari saat terik matahari sedang tidak bersahabat karena panasnya luar biasa dan jangan lupa minumnya es untuk menambah kenikmatan. 

Harga Rujak Buah sangat terjangkau dan bersahabat dengan kantong, biasanya 1 porsi Rujak Buah harganya sekitar 5000 sampai 6000an. Namun sayangnya kalau membeli Rujak Buah, kita tidak bisa memilih buah yang kita suka apa saja, karena biasanya buah yang tersedia di penjual rujak juga tidak komplit. Dari pada  khawatir tidak dapat memakan Rujak Buah dengan buah kesukaan kita, mending membuatnya sendiri di rumah sehingga dapat memilih buah apa saja terserah kita. Porsi dan rasa juga dapat kita sesuaikan dengan selera sendiri.

Bagi anda yang gemar rasa pedas, anda dapat membuat Rujak Buah dengan sambal yang pedas, namun bagi anda yang tidak suka pedas maka disarankan membuat sambalnya menggunakan cabai sesuai selera anda saja. Rasa Rujak Buah sangat segar dan very delicious. Kesegaran buahnya dan rasa pedas manis gurihnya sambal lalu disatukan menjadi sebuah makanan Rujak Buah sangat nikmat dan menggugah selera.

Rujak Buah dapat dikategorikan kedalam jajanan yang sehat karena banyak kandungan vitamin didalamnya. Sudah pasti aneka buah yang digunakan didalam Rujak Buah yang membuat makanan ini sehat dan bergizi. Tips untuk membuat Rujak Buah yaitu gunakan buah yang segar dan bervariasi. Hindari buah yang lembek seperti sawo, alpukat, dll. Pilihlah jenis buah yang memiliki serat dan padat seperti, benkoang, kedondong, pepaya, jambu, mangga muda, dll.

Mari kita membuat Rujak Buah kesukaan kita semua. Simak terus Resep Rujak Buah yang segar dan sehat. Berikut resep lengkapnya.

Resep Rujak Buah
Resep Rujak Buah

Bahan Rujak Buah :

  1. 1 buah bengkuang, potong tipis besar
  2. 1/4 buah (350 gram) pepaya mengkal, potong tipis besar
  3. nanas, 300 gram, potong memanjang
  4. 8 buah jambu air merah, dipotong 3 bagian
  5. 1-2 buah mangga muda, potong tipis besar
  6. 3 buah kedondong, potong tipis besar
  7. 2 buah ketimun, potong tipis besar

Bahan Bumbu Rujak Buah :

  1. cabai rawit merah, 2 buah 
  2. gula merah, 100 gram 
  3. 1/2 sdt garam
  4. kacang tanah kulit goreng, 150 gram 
  5. 2 sdm air asam jawa (dari 1 sendok teh asam jawa dan 3 sendok makan air)
  6. nanas, 150 gram  dipotong-potong
  7. 1 sdt terasi goreng

Cara Membuat Rujak Buah:

  1. Pertama-tama, ulek cabai rawit merah, terasi, garam, gula merah, dan air asam jawa secara merata.
  2. Setelah itu, masukan kacang.
  3. Ulek lagi, setelah itu tambahkan juga potongan nanas. Ulek jangan terlalu hancur. 
  4. Setelah jadi siap sajikan buah dengan buah di atas. Bisa campurkan atau dengan cocol sambal dengan buah. Selamat menikmati.
Simpel dan mudah kan, dan yang pasti rasanya enak gurih segar. Demikian Cara Membuat dan Resep Rujak Buah yang segar dan sehat dari kami. Tetap stay tune di zonamakan.blogspot.com karena sebelumnya kami telah berbagi Resep Mie Aceh Asli Ala Bungong Jeumpa yang istimewa. Serta nantikan resep kami lainnya di artikel selanjutnya. Selamat mencoba
Resep Rujak Buah Segar dan Sehat | Unknown | 4.5