Cara Membuat Bubur Ayam Khas Jakarta

Cara Membuat Bubur Ayam - Satu lagi warisan Nusantara yang masih dilestarikan dan menjadi hidangan favorit sampai sekarang adalah Bubur Ayam. Bubur Ayam adalah makanan khas Indonesia karena di seluruh wilayah Indonesia ada, namun ada beberapa yang membedakan Bubur Ayam antar wilayah tersebut, yaitu penyajian buburnya dan kuah Bubur Ayamnya. 

Kebanyakan Bubur Ayam menggunakan kuah berwarna kuning sama seperti kuah lontong opor atau lontong sayur, namun Bubur Ayam Khas Jakarta memiliki rasa kuah yang berbeda dengan Bubur Ayam lainnya. Rasa kuah dari Bubur Ayam Khas Jakarta sangat lezat gurihnya terasa dan tidak berbau daun salam, warnanya agak kekuning emasan hampir menyerupai kuah kari tapi tidak terasa kari dan tidak seperti kuah lainnya.

Bahan dasar Bubur Ayam Khas Jakarta sama seperti Bubur Ayam Khas daerah lainnya, yaitu menggunakan beras dan ayam, kerupuk, telor, kacang kedelai, daun bawang, serta aneka bumbu rempah sebagai pelengkapnya. Bahan dan Cara Membuat Bubu Ayam Khas Jakarta sangat mudah dan praktis, karena semua bahan dapat dicari dengan mudah dan harga terjangkau, serta proses pembuatannya juga tidak memerlukan waktu yang lama kecuali pembuatan dalam porsi banyak atau jumbo.

Biasanya Bubur Ayam menjadi menu wajib di pagi hari untuk sarapan. Selain rasanya yang enak dan lezat, ternyata Bubur Ayam juga sangat baik untuk tubuh karena tekstur makanan yang lembut dapat membantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari. Bagi anda yang sedang sakit dan susah makan, menu Bubur Ayam sangat pas untuk membantu memulihkan tenaga dan kesembuhan anda, karena dengan makan Bubur Ayam maka organ tubuh yang mengolah makanan tidak terlalu keras dalam memprosesnya sehingga tenaga anda di dalam tubuh tidak terbuang banyak.

Untuk para wanita dan ibu di rumah, wajib bisa membuat Bubur Ayam sendiri, karena selain untuk menu sarapan ternyata Bubur Ayam juga bagus untuk orang yang sedang tidak sehat, sehingga apabila sikecil atau suami atau rekan anda sedang sakit, maka anda dapat membuatnya sendiri dirumah agar tahu kualitas kebersihan dan kualitas bahan yang digunakan. Biasanya setiap pagi banyak sekali yang menjual menu sarapan Bubur Ayam dan hebatnya meskipun banyak yang menjual pasti setiap tukang Bubur Ayam jam 10 pagi dagangan mereka sudah habis, alhasil kalau bangunnya kesiangan lebih dari jam 10 jelas tidak kebagian Bubur Ayamnya.

Dari pada kecewa setiap pengin Bubur Ayam selalu kehabisan, mending belajar bikin sendiri saja disantap bersama keluarga sepuas kita sekenyang kita dengan rasa sesuai selera kita, dan yang pasti kualitas terjamin serta hemat. Cara Membuat Bubur Ayam sangat mudah, simak resep istimewa berikut ini.

Cara Membuat Bubur Ayam
Cara Membuat Bubur Ayam

Bahan Bubur Ayam :

  1. 200 gram beras
  2. 2.000 ml air kaldu ayam dari tulang ayam
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 lembar daun salam

Bahan Kuah Bubur Ayam : 

  1. 2 buah (320 gram) paha ayam, memarkan tulangnya
  2. 2 cm jahe, memarkan
  3. 1/2 sendok makan garam
  4. 1 blok kaldu ayam
  5. 1.000 ml air
  6. 2 sendok makan minyak untuk menumis
  7. minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus Bubur Ayam : 

  1. 6 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1/4 sendok teh pala bubuk
  4. 1/2 sendok teh merica bubuk
  5. 2 butir kemiri, sangrai
  6. 1 cm kunyit bakar
  7. 1/2 sendok teh ketumbar

Bahan Pelengkap Bubur Ayam :

  1. 2 sendok makan kecap manis
  2. 75 gram kedelai goreng
  3. 1 buah cakwe, dipotong-potong
  4. 1 tangkai seledri, iris halus
  5. 2 sendok makan bawang goreng
  6. 50 gram kerupuk kanji

Cara Membuat Bubur Ayam :

  1. Bubur: rebus beras, kaldu ayam, garam, dan daun salam sambil diaduk sampai matang dan kental. Sisihkan.
  2. Kuah: panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan jahe sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan air, garam, dan kaldu ayam blok. Masak diatas api kecil sampai mendidih dan berkaldu. Angkat ayam. Goreng ayam sampai matang. Suwir-suwir ayam.
  3. Sajikan bubur dengan kuah, suwiran ayam, dan pelengkap.
  4. Untuk 6 porsi
Menu sarapan pagi dengan Bubur Ayam yang hangat memang menjadi kenikmatan tersendiri. Anda juga bisa menambahkan telur ayam kampung ke dalam bubur yang masih panas kemudian diaduk rata serta anda dapat menggunakan emping kalau suka. Demikian Resep dan Cara Membuat Bubur Ayam Khas Jakarta yang istimewa. Simak juga resep kami sebelumnya yaitu Cara Membuat Keripik Singkong Ala Maicih yang super pedas Renyah istimewa. Tetap stay di zonamakan.blogspot.com karena akan ada resep lezat lainnya. Silahkan mencoba dan selamat menikmati sajian buatan anda sendiri. Semoga bermanfaat
Cara Membuat Bubur Ayam Khas Jakarta | Unknown | 4.5