Resep Martabak Manis Keju Susu Lezat

Resep Martabak Manis - Martabak adalah salah satu cemilan berat yang diadopsi dari Negeri Arab Saudi. Bergantung pada lokasinya, nama dan komposisi martabak dapat bervariasi. Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin yang terbuat dari campuran Telur dan daging serta martabak manis (kue terang bulan) yang biasanya diisi coklat. 

Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. martabak manis (yang dikenal dengan nama Apam Balik) sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas teh tarik. 

Di Indonesia menurut ceritanya asal mula Martabak berasal dari Tegal yang dimulai oleh orang keturunan India, yang berhasil memodifikasi resep asli Martabak menjadi resep baru Martabak yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Martabak manis rasanya enak legit dan empuk sedangkan Martabak Telur rasanya asin gurih dan lezat. 

Saat bersantai bersama keluarga atau rekan, sajian yang patut untuk disajikan salah satunya yaitu Martabak, karena Martabak tergolong cemilan ringan yang mengenyangkan dan rasanya dijamin enak. Isi dari martabak sangat bervariasi, sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Kali ini kami di zonamaka.blogspot.com akan menyediakan resep pilihan yaitu Resep Martabak Manis dengan isian Keju dan Susu yang enak. Rasa Martabak yang sudah manis ditambah isi keju yang asin gurih dan legitnya susu kental akan menciptakan rasa Martabak yang istimewa.

Martabak Manis Keju Susu dapat anda sajikan diberbagai acara, bahkan sangat cocok untuk bawaan berkunjung kerumah saudara atau teman anda. harga Martabak Manis yang diperjual belikan dibandrol dengan harga sekitar 20.000 hingga 26.000 rupiah. 

Dari pada membelinya dengan harga yang cukup tinggi, lebih baik ppara bunda belajar membuat Martabak Manis bersama kami. Berikut akan kami sajikan resep lengkap Cara Membuat Martabak Manis Keju Susu. Silahkan simak di bawah ini yaitu Resep Martabak Manis keju susu lezat.

Resep Martabak Manis
Resep Martabak Manis

Bahan Martabak Manis :

  1. 500 gram terigu merek segitiga biru
  2. 600 ml air bersih
  3. 1 sendok makan margarin cair (cairkan dulu)
  4. 2 butir telur, kocok lepas
  5. 125 gram gula pasir yang manis
  6. 1/2 sendok teh ragi instant merek apa saja
  7. 1 sendok teh baking powder merk apa saja
  8. 1/4 sendok teh pasta vanili merk apa saja
  9. 1/2 sendok teh garam

Bahan Isi Martabak Manis :

  1. 100 gram keju cheddar / merk apa saja
  2. 60 ml susu kental manis warna putih

Proses Cara Membuat Adonan Martabak Manis :

  1. Pertama-tama Campurkanlah tepung terigu, gula pasir, ragi instant, garam, telur, margarin cair, dan juga pasta vanili secara bersama-sama.
  2. Selanjutnya Tuangkanlah air bersih sedikit demi sedikit ke adonan martabak tadi sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata.
  3. Lalu Kocok adonan tadi menggunakan mixer dgn kecepatan sedang selama 5 menit.
  4. Kemudian Masukkanlah Baking powder, dan aduk-aduk rata.
  5. Terakhir diamkan adonan kue ini selama 40 menit di wadah tertutup.

Cara Membuat Martabak Manis :

  1. Pertama Panaskanlah wajan dan Olesi sedikit saja margarin agar tak lengket
  2. Selanjutnya Tuanglah adonan martabak ke wajan, ratakan.Tunggulah hingga bergelembung di permukaan adonan lalu tutup. 
  3. Tunggu sampai matang dan angkat.
  4. Olesi permukaan martabak dengan menggunakan margarin.
  5. Parut keju dan taburkan di permukaan martabak.
  6. Kucurkan susu kental di permukaan martabak.
  7. Belah menjadi 2 bagian, lipat menjadi bentuk setengah lingkaran.Selesai 
Nikmati Martabak selagi panas, apabila anda menghendaki isi Martabak Manis dengan messes atau selai maka anda dapat mengganti isi dengan bahan topping yang anda inginkan. Demikian Cara Membuat dan Resep Martabak Manis keju susu yang lezat. Sebelumnya kami membuat sajian yang tidak kalah istimewanya yaitu Cara Membuat Es Gabus Pelangi Unik dapat anda sajikan bersama Martabak Manis. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat
Resep Martabak Manis Keju Susu Lezat | Unknown | 4.5