Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler

Jajanan Kekinian - Saat ini dimana-mana sedang mengalami perkembangan dunia dalam segala bidang, termasuk di bidang perkulineran. Sudah bukan hal baru lagi muncul Jajanan Kekinian yaitu jajanan yang sedang menjadi trending topic saat ini terutama di sosial media.

Munculnya berbagai macam gadget dengan berbagai fasilitas aplikasi sehingga banyak orang memiliki berbagai sosial media seberti facebook. twitter, path, instagram, line, whatsapp, bbm, dll yang membuat berbagai orang dari berbagai wilayah hingga penjuru dunia dapat saling berbagi berita, foto, video, dll dalam watu yang bersamaan.

Nah dari situlah, mulai tersebar juga foto-foto Jajanan Kekinian yang memiliki banyak like dan komen serta tag ke teman-teman sehingga semua orang pada tau dan ingin memakannya juga, akhirnya mereka yang belum pernah mencoba merasa penasaran bagaimana rasanya, bagaimana cara membuatnya, dan apa namanya. Kami dari zonamakan berhasil turut terjun langsung untuk mencoba semua Jajanan Kekinian yang lagi trend saat ini dan kami fotoin semua Jajanan Kekinian tersebut secara langsung.

Selain itu, kami juga cari tau bagaimana cara membuat aneka Jajanan Kekinian itu, sehingga kami tidak hanya sekedar kepo rasa dan tampilannya saja. Biar para sahabat saturesep.com juga bisa tau bagaimana cara membuat Jajanan Kekinian, di bawah ini akan kami ulas secara lengkap Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler saat ini. Namun sebelumnya akan kami sebutkan dulu satu persatu apa saja Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler itu.

Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler tersebut adalah Resep Black Burger Halal Ala Indonesia, Resep Ice Cream Klamud atau Coconut Ice Cream atau Resep Ice Cream Bhatok, Resep Mie Instan Mirip Bungkusnya atau Resep Mie Pada Bae atau Resep Mie Sama Kaya Kemasan, Resep Ice Cream Pot Paling Praktis atau Resep Ice Pot atau Resep Ice Cream Garden atau Resep Ice Garden, dan terakhir Resep Milkshake Cotton Candy atau Resep Milkshake Kapas. Semua 5 Resep Jajanan Kekinian tersebut tergolong Jajanan Kekinian yang paling populer saat ini.

Salah satu menu jajanan paling ngehits saat ini adalah Black Burger atau Burger Hitam yang sedang banyak menjadi perbincangan masyarakat di jejaring sosial terutama instagram. Karena saking penasarannya kami terhadap menu ini akhirnya kami memutuskan untuk mencobanya dengan cara memesan via online beruntungnya kami di Purwokerto ada Black Burger meskipun harus COD karena belum ada lapak.

Rasanya Enak, sedikit berbeda dengan Burger biasa namun bagi yang belum pernah merasakan Black Burger tidak ada salahnya mencoba sensasinya. Selain tampilannya yang unik dan berani tampil beda ternyata Black Burger memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena bahan yang digunakan terbuat dari tinta cumi.

Menurut rumor, tinta cumi-cumi itu beracun sehingga tidak baik untuk dimakan, namun ternyata ada penelitian yang berhasil membuktikan kandungan gizi yang terdapat di dalam tinta cumi-cumi baik dikonsumsi. Tinta cumi bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel tumor dan mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru. Di dalam Tinta Cumi juga terdapat kandungan asam glutamat dan asam aminonya memberikan rasa gurih dan sedikit asin seperti saus ikan. Sehingga banyak koki handal yang menjadikan tinta cumi sebagai pewarna alami untuk membuat berbagai makanan. Seperti di Italia yang menjadikan tinta cumi sebagai bumbu masakan pasta dan di Jepang digunakan sebagai pengawet makanan serta meningkatkan rasa pada cumi asin selain itu juga untuk membuat Black Burger dengan mengolah adonan roti Burger menjadi hitam hanya dengan tinta cumi.

Tips memilih cumi-cumi yang memiliki tinta bagus yaitu pilihlah cumi-cumi yang masih segar terlihat dari fisiknya berwarna glossy, kenyal, kantong tinta masih utuh (tidak pecah), bau tidak menyengat. Jika di daerah anda susah untuk mencari penjual Black Burger namun anda ingin sekali mencobanya, silahkan ikuti Resep Black Burger bersama kami.

Langsung saja simak dan cermati baik-baik apa saja bahan dan bagaimana step by step membuat Jajanan Kekinian favorit anda di bawah ini. Berikut adalah resep lengkap dari Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler yang sedang banyak diperbincangkan. Resep Jajanan Kekinian yang kami ulas secara terperinci, silahkan dicoba.

Jajanan Kekinian - Resep Black Burger Halal Ala Indonesia

Resep Black Burger Halal Asli Indonesia
Resep Black Burger Halal Asli Indonesia

Bahan Jajanan Kekinian - Resep Black Burger :

  1. Siapkan 1 sdt tinta cumi-cumi segar atau 4-5 kantong kecil tinta (carilah kantong tinta  yang masih utuh/ tidak pecah)
  2. Siapkan  merica bubuk secukupnya
  3. Siapkan 250 gr tepung terigu protein tinggi (anda dapat memakai cakra kembar)
  4. Siapkan 20 gr tepung terigu protein tinggi (untuk taburan saat menguleni)
  5. Siapkan 1 butir telur (kocok lepas) (dibagi dua, yang sedikit dijadikan olesan roti)
  6. Siapkan 1 sdt ragi instan (anda dapat memakai fermipan)
  7. Siapkan 2 sdm mentega
  8. Siapkan 1 sdm susu bubuk
  9. Siapkan 100 ml susu cair
  10. Siapkan 1 sdm gula pasir
  11. Siapkan 1/4 sdt garam atau secukupnya
  12. Siapkan air hangat secukupnya (bila diperlukan untuk menguleni)
  13. Siapkan wijen putih secukupnya (untuk taburan bila suka)

Bahan Daging Burger di Jajanan Kekinian - Resep Black Burger :

  1. Siapkan 150 gr daging sapi cincang
  2. Siapkan 150 gr daging cumi-cumi cincang (dapat di ganti dengan daging sapi cincang)
  3. Siapkan 2 sdm bread crumbs
  4. Siapkan 1/2 butir telur (kocok lepas)
  5. Siapkan 1 sdt cabai bubuk (optional)
  6. Siapkan 2 siung bawang putih (cincang sampai halus)
  7. Siapkan 1/2 sdt merica hitam tumbuk kasar boleh pakai yang bubuk
  8. Siapkan 1/4 sdt garam atau secukupnya
  9. Siapkan 1 sdt tinta cumi-cumi

Bahan Pelengkap Jajanan Kekinian - Resep Black Burger:

  1. Siapkan Mayonaise secukupnya
  2. Siapkan saus tomat dan sambal secukupnya (bila suka)
  3. Siapkan keju lembaran secukupnya
  4. Siapkan irisan tomat dan timun secukupnya
  5. Siapkan irisan bawang bombay (tumis hingga layu, sisihkan)
  6. Siapkan daun lettuce sobek kasar secukupnya

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Roti Burger Hitam di Resep Black Burger:

  1. Langkah pertama, siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, gula pasir, dan garam, serta ragi instan (aduk rata) dengan spatula. Kemudian masukkan mentega dan susu cair kedalam adonan tepung (aduk lagi hingga rata).
  2. Selanjutnya buatlah sumur di tengah tepung, tuangkan campuran susu cair dan tinta cumi-cumi (dapat dimasukkan bersama kantung tintanya atau tintanya saja) lalu aduk rata adonan dengan spatula hingga menjadi adonan kasar. Uleni adonan hingga tercampur rata dan menggumpal. Tambahkan air sedikit jika terasa terlalu kering.
  3. Selanjutnya pindahkan adonan ke permukaan meja yang ditaburi tepung. Lumuri permukaan tangan anda dengan tepung, kemudian uleni adonan perlahan sambil sesekali meja ditaburi tepung agar adonan tidak terlalu lengket. Uleni hingga kantung tinta pecah tercampur merata dengan adonan, karena itu uleni yang lama agar tinta benar-benar menyatu bersama adonan dan hingga adonan kalis (tandanya adonan tidak lengket ditangan), jika adonan terlalu lengket maka celupkan tangan anda ke tepung terigu dan terus uleni adonan hingga kalis.
  4. Berikutnya bentuk adonan menjadi bola, lalu letakkan adonan tersebut di mangkuk bekas menguleni adonan. Olesi dasar mangkuk dengan mentega agar tidak lengket. Tutup mangkuk dan istirahatkan adonan hingga mengembang minimal 2 kali lipat, kurang lebih selama 1 jam-an (lamanya proses pengembangan tergantung suhu ruangan).
  5. Jika adonan telah mengembang, tuangkan adonan di permukaan meja yang sudah ditaburi dengan tepung terigu. Bagi adonan menjadi 4 bagian masing-masing seberat kurang lebih 130 gr. Bulatkan dengan cara menggelindingkannya di permukaan meja bertepung menggunakan telapak tangan. Kemudian pipihkan menjadi piringan dengan diameter selebar sekitar 8-10 cm. Tata adonan di permukaan loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti, beri jarak antar adonan karena roti akan mengembang. Tutup dengan kain bersih dan diamkan hingga mengembang lebih besar.
  6. Jika adonan telah mengembang lagi, lalu olesi permukaan roti dengan mentega jika anda tidak ingin menaburkan wijen pada permukaanya. Namun jika adonan ingin ditaburi dengan wijen maka oleskan dengan putih telur.
  7. Panaskan oven, setel disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven.
  8. Kemudian panggang roti selama 15 - 30 menit, jika permukaannya mulai terlihat coklat keemasan, segera keluarkan dari oven dan dinginkan di rak kawat. Untuk roti yang tidak ditaburi wijen, olesi sekali lagi dengan mentega untuk menghasilkan permukaan roti yang terlihat lembut dan kemilau (Jangan terlalu lama memanggang karena roti akan menjadi keras dan kering).
  9. Simpan roti dalam plastik tertutup rapat agar terjaga kesegarannya.

Cara Membuat Daging Burger Hitam di Jajanan Kekinian - Resep Black Burger:

  1. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan daging burger. Aduk hingga rata.
  2. Siapkan pan atau wajan teflon anti lengket, beri sedikit minyak dan panaskan dengan api kecil.
  3. Selanjutnya, bagi adonan menjadi 4 bagian. Ambil satu bagian adonan, letakkan di permukaan telapak tangan kiri yang telah dibasahi air, kemudian basahi jemari tangan kanan anda dan bentuk adonan menjadi lempengan pipih, bulat dan lebar dengan diameter 8 - 10 cm atau selebar roti burgernya (tangan yang dibasahi membuat adonan tidak lengket pada saat membentuknya).
  4. Panggang adonan di pan hingga semua sisi berwarna kecoklatan dan matang (jangan membalikkan daging sebelum salah satu sisinya matang karena akan hancur). Sisihkan.

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Resep Black Burger:

  1. Belah Roti Black Burger menjadi 2 bagian (atas dan bawah)
  2. Permukaan bagian bawah diolesi dengan mayonaise secara merata.
  3. Lalu letakkan potongan daun lettuce diatasnya, kemudian susun 1 irisan tomat dan 1 irisan mentimun, serta 1 sdm irisan bawang bombay yang sudah ditumis.
  4. Selanjutnya letakkan daging burger hitam diatas susunan tadi, lalu olesi atas daging dengan saus sambal. Kemudian letakkan 1 lembar keju dan oleskan lagi dengan saus tomat, lalu tutup dengan roti bagian atasnya (susunan dapat disesuaikan dengan selera namun usahakan susunan harus rapi).
  5. Burger Hitam atau Black Burger siap dihidangkan.

Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Klamud atau Resep Coconut Ice Cream

Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Klamud
Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Klamud

 Bahan Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Klamud:

  1. 3 buah kelapa muda segar
  2. 6 scop ice cream rasa vanila, coklat, strowberry (sesuai selera)
  3. 1 buah naga (potong dadu kecil)
  4. 1 buah kiwi (potong tipis bentuk bundar/ 1/2 bundar)
  5. 3 buah strowberry (potong tipis)
  6. 3 sdm biji selasih
  7. 3 sachet susu kental manis (bisa pake yang kaleng)
  8. 1 buah pisang ambon manis (potong bundar kecil)
  9. 3 sdm kolang-kaling (bila suka)
  10. 6 sdm chocokranz
  11. 6 sdm chocochipz
  12. 3 buah oreo (bisa diganti dengan astor,dll)

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Klamud:

  1. Kupas kelapa muda pisahkan kepala dalam (batok utuk+isi) dari kulit luarnya (tepes), lalu buat lubang di batok sedikit saja, tuangkan air kelapa muda kedalam gelas.
  2. Selanjutnya belah batok besar menjadi 2 bagian, bagian yang berlubang 2 diambil daging kelapanya kemudian dimasukkan kedalam bagian batok yang satunya (yang menyerupai mangkuk). Daging kelapa yang ada di batok menyerupai mangkuk juga dikeruk namun biarkan daging kelapa tetap didalam batok tersebut.
  3. Batok yang berlubang 2 an sudah tidak ada isinya dijadikan tatakan/ wadah untuk tempat berdirinya batok yang menyerupai mangkuk tadi yang sudah berisi kerukan daging kelapa. Sisihkan daging kelapa ke salah satu tepi di dalam mangkuk batok tersebut.
  4. Kemudian masukkan 2 scop ice cream rasa coklat dan vanila di setiap 1 mangkuk batok(sesuaikan selera) letakkan posisi ditengah batok mangkuk.
  5. Lalu masukkan aneka buah yang sudah dipotong tadi, susun secara rapi di pinggiran ice cream.
  6. Selanjutnya masukkan 2 sdm chococranz dan 2 sdm chocochipz disetiap 1 mangkuk batok letakkan diatas ice cream.
  7. Langkah berikutnya letakkan 1 sdm biji selasih di setiap 1 mangkuk batok letakkan diatas daging kelapa yang tadi disisihkan ke satu sisi.
  8. Terakhir tuangkan 1 sachet susu kental manis di setiap 1 mangkuk batok lumurkan diseluruh permukaan Ice Cream Klamud yang telah tersusun rapih.
  9. Saran penyajian untuk 3 mangkuk batok.
  10. Sajikan secara terpisah bersama segelas air kelapa muda murni. Segera nikmati sebelum ice cream mencair.

Jajanan Kekinian - Resep Mie Instan Mirip Bungkusnya

Jajanan Kekinian - Resep Mie Instan Mirip Bungkusnya
Jajanan Kekinian - Resep Mie Instan Mirip Bungkusnya

Bahan Jajanan Kekinian - Resep Mie Instan Mirip Bungkusnya:

  1. 1 bungkus mie instan goreng merk apa saja (kami pilih indomie)
  2. Air secukupnya (untuk merebus)
  3. 3 biji cabai merah (potong kasar)
  4. 1 butir telur ayam
  5. Garam secukupnya
  6. Penyedap rasa secukupnya
  7. Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng telur)
  8. 1 lembar daun lettuce
  9. 1 sdm acar mentimun (sudah jadi)
  10. 1 buah udang goreng (sudah matang)
  11. 1 tangkai daun seledri (ambil pucuknya)
  12. 2 buah potong tomat

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Resep Mie Instan Mirip Bungkusnya:

  1. Langkah pertama membuat telur ceplok terlebih dahulu : Siapkan wajan teflon khusus untuk membuat telur ceplok agar bentuk cantik (jika tidak ada bisa memakai wajan biasa), lalu panaskan sedikit minyak. Kemudian masukkan telur, taburkan garam dan penyedam rasa secukupnya saja di atas telur hingga merata. Gunakan api kecil agar telur tidak gosong. Jika sudah terlihat matang sesuai selera anda, angkat, tiriskan.
  2. Langkah berikutnya membuat mie gorengnya. Rebus air hingga mendidih, masukkan mie instan, sambil menunggu mie matang maka siapkan bumbu mie goreng yang ada di dalam kemasan campurkan menjadi satu siatas piring saji, aduk hingga merata. Lalu angkat mie instan jika sudah matang, tiriskan sejenak, kemudian letakkan mie di atas piring saji, campurkan dengan bumbu hingga merata.
  3. Taburkan potongan cabai merah diatas mie, lalu letakkan telur ceplok tengah mie, letakkan daun lettuce, acar, udang, tomat, dan daun seledri secara rapi disesuaikan dengan kemasan mie instan tersebut.
  4. Sajikan dan nikmati Mie Instan Mirip Bungkusnya selagi hangat.

Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Pot Paling Praktis

Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Pot
Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Pot

Bahan Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Pot:

  1. 24 butir oreo (rasa apa saja, diambil rotinya dan dihancurkan hingga lembut, cream tidak dipakai)
  2. 6 scop ice cream (rasa apa saja sesuai selera)
  3. 12 sdm agar-agar nutrijel coklat yang sudah jadi (diparut menggunakan parutan keju, hingga hasilnya memanjang dan kecil seperti cacing)
  4. 6 biji permen yuppie yang berbentuk ulat
  5. 3 buah strowberri
  6. 3 sdm coklat aneka warna dengan bentuk seperti batu hias (bisa diganti coklat roti yang bulat hitam)
  7. 3 tangkai daun mint
  8. 6 biji permen yuppie yang berbentuk jamur

Alat Penyajian Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Pot:

  1. Sendok plastik kecil
  2. Pot bunga yang kecil seukuran cup plastik (baru)
  3. Cup plastik ukuran menyesuaikan pot (baru)

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Resep Ice Cream Pot:

  1. Siapkan pot, kemudian masukkan cup plastik ke dalam pot.
  2. Kemudian masukkan 3 sdm agar-agar nutrijel yang sudah diparut ke dalam cup, lalu masukkan 6 sdm oreo yang sudah dihancurkan, kemudian aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya masukkan 2 scop ice cream rasa apa saja sesuai selera, disusun berdampingan.
  4. Lalu masukkan 6 sdm oreo yang sudah dihancurkan hingga menutupi seluruh permukaan ice cream, susun hingga permukaan menjadi rata dan isi tak terlihat.
  5. Letakkan potongan daun mint, ujung tangkainya di tanam di dalam oreo, jadi hanya terlihat daunnya saja posisi berdiri seolah seperti rumput.
  6. Letakkan 1 buah strowberri utuh di samping daun tersebut.
  7. Letakkan 2 permen yuppie bentuk ulat dan 2 perment yuppie bentuk jamur di samping pohon, susun berjauh-jauhan hingga seolah terlihat seperti jamur dan ulat sungguhan.
  8. Terakhir letakkan 1 sdm coklat yang berbentuk batu, sebarkan di atas permukaan oreo.
  9. Ice Cream Pot siap dihidangkan.
  10. Saran penyajian untuk 3 Ice Cream Pot.

Jajanan Kekinian - Resep Milkshake Cotton Candy

Jajanan Kekinian - Resep Milkshake Cotton Candy
Jajanan Kekinian - Resep Milkshake Cotton Candy

 Bahan Membuat Jajanan Kekinian - Milkshake Oreo:

  1. Siapkan 5 biskuit oreo (rasa apa saja, ambil biskuitnya, cream tidak dipakai)
  2. Siapkan 2 scoops ice cream vanila
  3. Siapkan 2 sdm coklat bubuk/ sirup coklat
  4. Siapkan 2 cangkir susu UHT
  5. Siapkan 8 buah es batu

Bahan Pelengkap Jajanan Kekinian - Milkshake Oreo:

  1. Sirup coklat
  2. Wripped cream (bila suka)
  3. Oreo Coklat

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Milkshake Oreo:

  1. Langkah pertama, siapkan blender lalu masukkan oreo, coklat bubuk, coklat UHT, ice cream dan es batu menjadi satu. Lalu blender hingga tercampur rata dan terlihat halus. Jika sudah matikan mesin.
  2. Selanjutnya tuangkan milkshake oreo kedalam gelas saji yang berukuran panjang dan tegak.
  3. Kemudian hiasi milkshake oreo dengan wripped cream, sirup coklat dan 1 oreo utuh.

Bahan Jajanan Kekinian - Resep Cotton Candy/ Gula-gula:

  1. 4 sdm gula pasir
  2. 1/2 sdm pewarna makanan bubuk (powder)

Alat Membuat Jajanan Kekinian - Cotton Candy:

  1. Cotton candy maker (mesin pembuat gula-gula atau permen kapas)
  2. stik kayu atau sedotan plastik yang panjang dan kokoh

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Resep Cotton Candy:

  1. Langkah pertama, campurkan gula pasir dan pewarna makanan yang bubuk menjadi satu hingga menghasilkan warna yang diinginkan.
  2. Kemudian, siapkan stik kayu atau sedotan panjang, lalu nyalakan mesin tunggu 2-3 menit hingga mesin panas. Untuk mengecek panasnya mesin letakkan telapak tangan kurang lebih 10cm diatas pemutar.
  3. Setelah mesin sudah panas, lalu segera masukkan 1 takar sendok gula yang sudah berwarna kedalam mesin, segera gulung-gulung menggunakan stik kayu/ sedotan panjang.
  4. Cotton candy atau permen kapas atau gula-gula atau arum manis siap di nikmati, namun sebelumnya mari kita pasangkan dengan milkshake oreo tadi.

Cara Membuat Jajanan Kekinian - Resep Milkshake Cotton Candy:

  1. Siapkan satu gelas milkshake oreo yang tadi sudah jadi.
  2. Kemudian cotton candy yang tadi sudah jadi, ambil stik kayunya/ sedotan panjangnya.
  3. Selanjutnya letakkan cotton candy di atas gelas.
  4. Kemudian potong roti stik pocky menjadi beberapa bagian lalu tempelkan diatas cotton candy, tata secara rapi dan terpisah-pisah sehingga seolah cotton candy memiliki rambut berdiri kecil-kecil. Jika ada stiker khusus maka bisa tempelkan stiker di atas atau samping cotton candy.
  5. Milkshake Cotton Candy siap dinikmati.
Demikian adalah Cara Membuat dan Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler yang ada di Indonesia. Aneka resep jajanan tersebut banyak terinspirasi dari kreasi jajanan unik di luar negri, sehingga tidak heran jika kita berkunjung kesana akan mengunjungi berbagai jajanan unik seperti disini.

Karena disini masih sangat minim penjual yang unik seperti resep dari saturesep.com tadi maka, anda memiliki banyak peluang besar untuk bisa mencoba menjadi pembisnis kuliner hebat. Menjadi seorang pengusaha kuliner salah satu profesi yang membanggakan bahkan pendapatannya dapat jauh lebih besar dari seorang pegawai kantoran. Simak juga resep kami sebelumnya yaitu Resep Terong Goreng Tepung Gurih Renyah asli resep dari zonamakan.blogspot.com dan telah diuji kelezatannya. Selamat mencoba Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler dari kami. Semoga bermanfaat
Jajanan Kekinian Lengkap Terpopuler | Unknown | 4.5