Resep Ayam Goreng Kremes Spesial

Resep Ayam Goreng Kremes - Ayam goreng kremes adalah masakan yang khas dari Jawa. Masakan ini sudah cukup dikenal di seluruh Jawa, dan tentunya banyak juga yang ahli untuk membuatnya. Ayam yang digunakan untuk membuat ayam goreng kremes bukan ayam potong melainkan ayam jawa. 

Pemilihan ayam dengan ayam jawa karena, tekstur dagingnya yang agak keras membuat ayam ini akan terasa kriuk dan tidak lembek saat digoreng dan di dinginkan. Ayam goreng kremes terasa lebih nikmat jika disajikan dengan sambal yang pedas manis. Sehingga tidak hanya kelezatan dari ayamnya yang kriuk saja yang dapat kita rasakan tetapi juga sensasi pedasnya dapat kita nikmati juga.

Sekarang sudah banyak rumah makan yang menyajikan menu makanan ayam goreng kremes dengan berbagai pilihan sambal. Harga ayam goreng kremes biasanya diatas ayam bakar atau ayam goreng biasa, karena ayam bakar atau ayam goreng biasa terbuat dari ayam potong, yang relatif harga ayamnya lebih murah dari ayam jawa. 

Mungkin di luar Jawa sudah banyak juga menu masakan ayam goreng kremes. Kelezatan yang dapat dirasakan dari ayam ini memang berbeda dengan ayam goreng biasa. Kalau orang luar negeri memiliki menu ayam yang terkenal yaitu ayam kentuky nya, sedangkan kalau orang Indonesia juga memiliki menu ayam yang nikmat dan terkenal yaitu ayam goreng kremes yang tak kalah istimewa.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat ayam goreng kremes sendiri dirumah, kali ini kami akan memberikan resepnya untuk anda. Mari kita simak cara membuat dan Resep Ayam Goreng Kremes yang spesial ini.

Resep Ayam Goreng Kremes
Resep Ayam Goreng Kremes

Bahan dan Bumbu Ayam Goreng Kremes : 

  1. 1 ekor ayam kampung muda , potong menjadi beberapa bagian
  2. 2000 ml air atau secukupnya
  3. 1 ruas ibu jari lengkuas, memarkan
  4. 4 lembar daun salam
  5. 150 ml santan kental dari 1/3 butir kelapa
  6. 200 gr tepung sagu
  7. 1 butir telur
  8. 1 batang serai, memarkan
  9. Garam secukupnya
  10. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu Halus Ayam Goreng Kremes :

  1. 6 buah bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 6 butir kemiri, sangrai
  4. 1 ruas jari kecil kunyit bakar 
  5. 1 sdm ketumbar, sangrai
  6. Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Kremes :

  1. Pertama potong ayam menjadi beberapa bagian, kemudian rebus dengan 2000 ml air atau secukupnya hingga agak empuk, angkat, tiriskan.
  2. Ambil wajan baru, isi air secukupnya, kemudian masukkan ayam, lalu bumbu halus, lengkuas, serai, dan daun salam. Ungkep sambil sesekali dibalik, hingga ayam cukup lunak.
  3. Kemudian tambahkan santan dan aduk-aduk sampai mendidih.
  4. Lalu angkat ayam, saring bumbu kuahnya ayam, kemudian buang ampasnya.
  5. Setelah kuah ayam dingin, masukkan tepung sagu dan telur. Tambahkan garam, aduk rata hingga adonan menjadi lembut.
  6. Panaskan minyak cukup banyak, celupkan ayam kedalam adonan tepung, goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Terakhir, saring minyak bekas menggoreng, kemudian panaskan lagi dengan api kecil. Goreng sisa adonan tepung sedikit demi sedikit, angkat, tiriskan.
 Ayam Goreng Kremes lebih nikmat disajikan saat angat dan dilengkapi dengan sambal serta lalaban. Demikina Cara Membuat dan Resep Ayam Goreng Kremes yang spesial dari kami. Bagi anda yang gemar membuat aneka cemilan ringan, silahkan praktekkan juga Resep Kue Kering Coklat yang lezat dari kami. Selamat mencobanya di dapur kesayangan anda
Resep Ayam Goreng Kremes Spesial | Unknown | 4.5