Resep Kue Kastengel Spesial Renyah dan Gurih

Resep Kue Kastengel - Asal-usul apa itu Kue Kastengel dan dari mana asalnya secara pasti tidak dapat diketahui dengan fakta yang kuat, namun ada beberapa argumen yang mengatakan bahwa Kue Kastengel berasal dari Belanda. Hal ini berdasarkan dari nama Kue Kastengel itu sendiri, kata kaas dan stengels yang berasal dari bahasa Belanda. Kaas berarti keju dan stengels berarti batangan. Oleh karena itu disebut kaasstengels atau batangan keju dan sekarang dikenal dengan Kastengel.

Di Belanda, kue kaasstengels ini tidak sependek di Negara Indonesia tapi panjangnya mirip mistar, sekitar 30 centimeter. Kue Kastengel sangat digemari anak-anak dan orang dewasa karena rasanya yang gurih dan sangat renyah. Selain enak juga terdapat kandungan gizi yang baik di dalam Kue Kastngel karena terbuat dari bahan-bahan yang memiliki kandungan gizi yang baik pula.

Kastengel adalah sejenis kue kering yang dipanggang di oven. Bentuknya sebesar jari kita dengan panjang sekitar 5 cm. Adonannya mirip dengan adonan nastar. Bedanya, adonan kastengel menggunakan keju dan akan lebih enak jika kita menggunakan keju tua atau keju ayam dari Belanda. Kalau bisa keju Edam atau Gouda yang tua dan berbentuk seperti bola bowling dengan lapisan lilin merah. Rasanya, pahit-pahit gurih namun lezat.

Di Indonesia Kue Kastengel menjadi salah satu kue yang wajib ada dihari besar seperti hari Idul Fitri karena selain rasanya yang enak, bentuknya yang imut dan tampilannya terlihat cantik serta mewah, sehingga banyak yang menyajikan Kue Kastengel di rumahnya. Selain enak dan imut, ternyata Kue Kastengel juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, karena terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan bergizi pula. 

Meskipun tidak di hari besar, tidak ada salahnya anda menyajikan Kue Kastengel untuk hari-hari anda bersantai dengan rekan atau keluarga di rumah. Kami akan berbagi tips dan trik dalam membuat Kue Kastengel dalam Resep Kue Kastengel yang spesial renyah dan gurih. Silahkan simak resep berikut ini.

Resep Kue Kastengel
Resep Kue Kastengel

Bahan Kue Kastengel:

  1. 200 gr unsalted butter / mentega tawar 
  2. 100 gr margarin 
  3. 3 btr kuning telur 
  4. 1 sdt garam 
  5. 1 sdt kaldu ayam bubuk 
  6. 250 gr keju tua (bisa memakai keju parmesan / edam / gouda) , diparut 
  7. 50 gr susu bubuk full cream 
  8. 450 gr tepung terigu protein rendah

Bahan Olesan dan Topping Kue Kastengel:

  1. 1 kuning telur ayam, kocok 
  2. 1 sdm madu 
  3. 50 gr keju cheddar, diparut

Cara Membuat Kue Kastengel:

  1. Kocok butter, margarin, garam, kaldu ayam bubuk, menggunakan mixer kecepatan sedang hingga rata. 
  2. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk kembali hingga rata. 
  3. Ayak terlebih dahulu tepung & susu, lalu masukkan kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk rata. 
  4. Masukkan keju parmesan / edam / gouda yang telah diparut, aduk sampai rata. 
  5. Giling adonan setebal 0,8 cm. Potong-potong dengan ukuran kira-kira panjang 5 cm & lebar 0,8 cm. 
  6. Simpan adonan yang telah dibentuk di atas loyang yang telah di olesi sedikit margarin. 
  7. Campur 1 kuning telur dengan 1 sdm madu untuk bahan olesan. Olesi setiap adonan dengan bahan olesan, lalu taburkan keju cheddar parut diatasnya sesuai selera anda. 
  8. Panggang sampai matang pada oven dengan suhu 160-170º selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang. 
  9. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu kastengel di atas rak kawat atau diamkan di loyangnya hingga mendingin, baru di masukkan ke dalam toples.

Tips Kue Kastengel:

  1. Agar hasil kastengelnya sempurna gunakan tepung terigu protein rendah, jangan tepung terigu biasa.  Ada banyak merk tepung terigu protein rendah dipasaran tapi saya biasa memakai merk Kunci Biru. 
  2. Keju yang dipakai untuk adonan kastengel bisa menggunakan keju parmesan, keju edam atau keju gouda. Pilih salah satu jenis keju saja yang sesuai selera & sesuai kemampuan kantong anda. 
  3. Ukuran bahan-bahannya yang pas timbangannya, jangan sampai ada bahan yang terlalu banyak, atau kue  kastengel anda akan gagal jadinya.  
  4. Saya biasa mengaduk adonan menggunakan mixer spiral, tapi ketika adonan terigu telah masuk, akan sulit mengaduk menggunakan mixer. Anda bisa memakai spatula kayu atau tangan untuk meng-uleni atau menggiling adonan. Jangan lupa pakai sarung tangan plastik ya kalau mau ngulenin atau menggiling pakai tangan biar lebih higienis. 
  5. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang kue, agar proses pemanggangan kuenya  maksimal. Tes dulu suhu dalam oven sebelum memasukkan loyang kue. 
  6. Jangan menyimpan kue yang baru matang, alias masih panas langsung kedalam toples atau kue akan gampang hancur. Selalu dinginkan dahulu kue sebelum dimasukkan kedalam toples atau wadah tertutup.  
  7. Tekstur kue kastengel kami ini memang lebih lembut dan tidak terlalu kering. Ini dikarenakan karena kami tidak memakai soda kue.
Demikian Cara Membuat dan Resep Kue Kastengel dari kami, semoga anda dapat membuatnya dengan hasil yang memuaskan juga. Ada banyak resep istimewa yang kami sajikan dalam zonamakan.blogspot.com jadi anda tidak perlu bingung lagi kalau mencari resep-resep pilihan keluarga. Intip juga artikel kami sebelumnya yaitu Resep Pempek Enak asli Palembang ya, dijamin anda ketagihan membuat segala masakan sendiri di rumah karena dapat memberikan kepuasan tersendiri, apalagi kalau sampai dipuji suami dan mertua ternyata masakan anda enak dan lezat. So, silahkan mencobanya. Semoga bermanfaat
Resep Kue Kastengel Spesial Renyah dan Gurih | Unknown | 4.5